Apa Itu Post-University Depression? Begini 5 Cara Mengatasinya

Ilustrasi: Cara mengatasi Post-University Depression. (ist.)
Ilustrasi: Cara mengatasi Post-University Depression. (ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu baru lulus kuliah? Ini tentu momen yang paling kamu tunggu-tunggu. Setelah sekian tahun berjibaku dengan kegiatan dan tugas kuliah, akhirnya selesai juga.

BACA JUGA:

Tapi, tidak sedikit para fresh graduate yang justru merasa bingung pasca lulus dari perguruan tinggi. Bahkan ada merasa tertekan lantaran bingung hendak melakukan apa. Perasaan tertekan hingga depresi ini dikenal dengan nama Post-University Depression.

Nah, jika kamu sedang mengalami hal ini, yuk simak beberapa tips berikut ini!

Buatlah rencana
Ketika kamu mengalami kondisi post-university depression, biasanya akan mudah merasa sedih, marah, atau bahkan merasa bahwa dirinya tak berguna. Maka, hal penting pertama yang mesti kamu lakukan adalah membuat rencana secara terperinci. Buatlah tujuan dan target-target yang hendak kamu capai. Lantas buatlah rincian aksi atau kegiatan yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Jangan lupa, selalu diskusikan rencana-rencana kamu dengan orangtua atau rekan-rekan dekat kamu. Hal ini untuk mendapatkan dukungan dari mereka, sehingga kamu lebih bersemangat untuk melakukannya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*