Simak Cara Kelola Keuangan Mahasiswa Baru

Ilustrasi: Kelola uang. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com Hai, calon mahasiswa baru, pernahkah kalian membayangkan suatu hari nanti orangtuamu tak bisa membantu melunasi uang kuliah? Kira-kira, apa yang akan kalian lakukan? Nah, sebelum memasuki gerbang perkuliahan, sebaiknya kalian mulai belajar mengelola keuangan dengan baik. Berikut beberapa tips dalam mengelola keuangan bagi mahasiswa baru:

Menabung
Nampak klise, tapi ini penting. Nasihat yang kadang membosankan namun akan sangat berguna ke kemudian hari. Sisihkanlah selalu setiap kali menerima uang, baik dari orangtua, sanak saudara, atau siapapun. Besarannya tergantung kalian, bisa 10 persen atau 20 persen, yang penting menyisihkan. Pendapatan dikurangi pengeluaran, lantas sisanya ditabung. Ini cara pandang lama. Ya kalau ada sisa, jika tidak ada sisa, maka tidak menabung. Nah lho!

Menabung itu menyisihkan beberapa persen dari pendapatan, baru sisanya untuk memenuhi pengeluaran. Inilah prinsip menabung. Sekecil apapun sisihkan uang untuk ditabung. Memang ini membutuhkan kedisiplinan. Namun akan berbuah manfaat kelak.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*