Puasa Dapat Turunkan Berat Badan Hingga Rata-rata 1,2 Kg, Ini Menu Buka dan Sahur yang Ideal

Air Putih dan Kurma
Air Putih dan Kurma (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

SURABAYA, KalderaNews.com – Ahli Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair), Trias Mahmudiono S.KM., M.PH (Nutr.)., GCAS., Ph.D, menegaskan puasa wajib dijalankan dengan tetap memperhatikan kecukupan gizi dan hidrasi sehingga tidak akan memberikan dampak yang buruk.

Menurut hasil penelitian, puasa dapat menurunkan berat badan hingga rata-rata 1,2 kg dan memperbaiki profil lemak dengan cara meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol buruk (LDL).

BACA JUGA:

“Agar kebutuhan gizi seseorang tetap terpenuhi meski sedang berpuasa maka perlu untuk memperhatikan asupan makanan. Dimulai dari saat berbuka hingga makan sahur,” tegas Trias seperti dikutip dari situs resmi Unair.

1). Asupan Ideal Saat Berbuka Puasa

Asupan saat berbuka puasa yang dianjurkannya dimulai dengan minum air mineral dan mengonsumsi buah kurma sebagaimana sunnah nabi untuk meningkatkan kadar gula tubuh. Kurma memiliki kandungan glukosa dan fruktosa yang merupakan sumber energi untuk tubuh dan memiliki serat pangan dan sumber zat gizi mikro seperti potassium.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*