4 Skema Program Erasmus+ dari Uni Eropa untuk Universitas-universitas di Indonesia

Penerima Beasiswa Erasmus Plus 2019
Penerima Beasiswa Erasmus Plus 2019 di acara Award Ceremony and Pre-Departure Orientation Erasmus Plus Scholarship Programme di Mandarin Oriental Jakarta Hotel, Jakarta, Minggu, 28 Juli 2019 (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Erasmus+ adalah program Uni Eropa yang mendukung pendidikan, pelatihan, pemuda dan olahraga. Program ini menawarkan berbagai kesempatan bagi beragam organisasi, termasuk universitas, penyedia layanan pendidikan dan pelatihan, cendekiawan, organisasi riset dan perusahaan swasta.

BACA JUGA:

Berikut ini 4 skema kolaborasi Erasmus+ dan universitas-universitas di Indonesia:

1). International Credit Mobility (ICM)/ Mobilitas Kredit Internasional

ICM bertujuan untuk mempromosikan kegiatan dan mobilitas lintas negara, menyasar para pelajar/staf akademik/professor/dosen, untuk:

  • Meraih kompetensi (pengetahuan, keterampilan dan sikap) yang dimaksudkan untuk meningkatkan pengembangan pribadi dan kelayakannya untuk bekerja di dalam maupun di luar pasar kerja Eropa.
  • Meningkatkan kesadaran dan pemahaman para peserta dari berbagai negara dan latar belakang budaya yang berbeda-beda, menawarkan kesempatan bagi mereka untuk membangun jejaring internasional, serta menggugah partisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat.
  • Mengembangkan kompetensi para peserta dalam hal penguasaan bahasa asing.
  • Memastikan pengakuan yang lebih baik akan kompetensi yang telah diraih, melalui kesempatan belajar di luar negeri.

Sejak tahun 2015, lebih dari 1.290 pelajar dan akademisi Indonesia telah pergi ke Eropa dan sebaliknya lebih dari 766 pelajar dan akademisi Eropa telah datang ke Indonesia untuk mengambil kesempatan belajar, mengajar maupun pelatihan jangka pendek, sebagai bagian dari program kemitraan Erasmus+ dengan 187 universitas.

2). Capacity Building in Higher Education (CBHE)/Pengembangan Kapasitas Pendidikan Tinggi




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*