Apa Sih Istimewanya Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) 2019?

Kemendikbud Gagas Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) 2019
Kemah Budaya Nasional 2014 (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

DEPOK, KalderaNews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) untuk menghimpun kaum muda berusia 18-25 tahun menjawab berbagai tantangan pemajuan kebudayaan. KBKM menjadi salah satu aksi nyata sebagai tindak lanjut Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) 2018 dalam mewujudkan strategi kebudayaan dan rencana aksi pemajuan kebudayaan.

Rencananya, Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) akan dilaksanakan pada 30 Juni-4 Juli 2019 di Bumi Perkemahan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Peserta KBKM terdiri atas 1.204 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

Sebanyak 602 peserta berasal dari seleksi terbuka (open call) dan 602 peserta merupakan seleksi dari wakil kabupaten/kota yang telah menyusun Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) pada saat KKI 2018.

KBKM terbagi menjadi tiga tahap. Pertama, tahap pra KBKM yang dilaksanakan pada bulan Februari – April 2019. Hasil dari tahap ini adalah terbentuknya kelompok dan proposal purwarupa. Kedua, tahap KBKM yang akan dilaksanakan pada bulan Juni – Juli 2019. Hasil tahap kedua ini adalah terpilihnya 50 purwarupa untuk difasilitasi pengembangannya. Ketiga, tahap pasca KBKM yang dilaksanakan pada Juli – Oktober 2019. Hasil tahap terakhir ini adalah dikembangkannya 50 purwarupa yang siap dipamerkan di Pekan Kebudayaan Nasional di bulan Oktober 2019.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*