Penerimaan Mahasiswa di PTKIN Mulai Februari 2020

Ilustrasi: Siswa Madrasah berprestasi bisa masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tanpa tes. (KalderaNews.com/Ist.)
Siswa Madrasah mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2020 dimulai Februari 2020. “Pendaftaran SPAN PTKIN 3-28 Februari 2020, sementara pendaftaran UM PTKIN pada 15 April sampai 29 Mei 2020,” ujar Dirjen Pendidikan Islam, Kemenag, Kamaruddin Amin.

BACA JUGA:

Ada lima jalur penerimaan mahasiswa PTKIN, yaitu:

  • Seleksi siswa-siswi berprestasi bersama dengan Kemendikbud. Seleksi ini untuk menjaring mahasiswa prodi (program studi) umum yang ada di UIN, seperti kedokteran, kesehatan, saintek (sains dan teknologi), dan lainnya.
  • Ujian masuk perguruan tinggi bersama Kemendikbud. Ini juga dikhususkan bagi seleksi mahasiswa untuk pilihan program studi umum.
  • Jalur SPAN PTKIN, jalur ini untuk menjaring mahasiswa dari madrasah tanpa seleksi. Penjaringan tidak tertulis, karena berdasarkan prestasi siswa-siswi di madrasah dengan melihat nilai rapor dan prestasi lainnya.
  • Jalur UM PTKIN, proses ini dilaksanakan secara nasional.
  • Jalur Mandiri oleh perguruan tinggi masing-masing. Hanya 20 persen yang diterima lewat jalur mandiri.

Menurut Kamaruddin, PTKIN telah berkontibusi dalam meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi nasional dan Human Develompment Indonesia. Saat ini, APK Indonesia sudah mencapai 34,5 Persen. Artinya, sebanyak 34,5 % generasi muda Indonesia yang berumur 18-23 tahun mendapat kesempatan kuliah di perguruan tinggi. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*