Tingkatkan Skill, LPBI NU Ngelmu Humanitarian Action di Australia

Tingkatkan Skill, LPBI NU Ngelmu Humanitarian Action di Australia
Delegasi Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) mengikuti Humanitarian Action yang berlangsung selama 2 (dua) minggu di Australia, 18 Januari-03 Februari 2019 (KalderaNews/LPBI NU)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Guna meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan bantuan kemanusiaan, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) mengikuti pelatihan Humanitarian Action yang berlangsung selama 2 (dua) minggu di Australia pada 18 Januari-03 Februari 2019.

Ketua LPBI NU, M Ali Yusuf pada KalderaNews menegaskan Indonesia adalah Negara yang telah memiliki banyak pengalaman dalam melakukan penanggulangan bencana dan banyak melakukan respon dalam menanggapi krisis kemanusiaan di tingkat global.

“Pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas peran Indonesia dalam melaksanakan penanggulangan bencana di dalam negeri dan dalam memberikan bantuan kemanusiaan di luar negeri melalui pembelajaran yang didapatkan selama pelatihan,” tandasnya.

Menurut pria yang juga Ketua Aliansi Kemanusiaan Indonesia/IHA itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan sinergi para pihak dalam penanggulangan bencana dan aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh Indonesia sesuai dengan kerangka kerja dan standar kemanusiaan internasional.

Ia menambahkan, jika kualitas semakin meningkat dan sinergi para pihak semakin menguat, maka ketahanan/ketangguhan bangsa dalam menghadapi bencana juga akan meningkat.

Diketahui, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menerima tawaran pelatihan dalam bidang bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Australia yang berjudul Humanitarian Action.

Pelatihan diikuti 26 peserta terpilih dari kementrian dan organisasi masyarakat yang berpengalaman dalam menangani kegiatan dan bantuan kemanusiaan baik di Indonesia maupun luar negeri sama internasional.

Mereka yang terpilih, yaitu Kementrian Luar Negeri (Kemlu), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Sosial (Kemensos), Palang Merah Indonesia (PMI), Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU), dan Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah (MDMC). (LF)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*