Catur itu Nggak Hanya Seru, Tapi Juga Bikin Pinter

Catur itu Nggak Hanya Seru, Tapi Juga Bikin Pinter
Jonathan Antony saat hadir di Festival “Chess in School” di Aula SMAK 1 PENABUR, Jl. Tanjung Duren Raya No.4, Jakarta Barat, Sabtu, 12 Januari 2019 (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Siapa sih yang belum pernah melihat permainan catur? Permainan yang ditemukan masyarakat Persia dan Arab kemudian menyebar ke seluruh dunia ini sebenarnya berasal dari kata “Chaturanga” yang dalam bahasa Sanskrit berarti “Empat Divisi Ketentaraan.”

Pada dasarnya permainan catur tak hanya sekadar permainan semata. Catur mengajarkan banyak hal, termasuk pemikiran strategis. A. Soltis dalam bukunya “The Inner Game of Chess” (David McKay Co. Inc: New York, 1994) mengaku meskipun pada awalnya mungkin orang menganggap bahwa jenis pemikiran ini tidak berhubungan dengan matematika, pada kenyataannya, catur juga mengajarkan jenis “perhitungan”.

BACA JUGA:
Foto Keseruan Festival “Chess In School” BPK PENABUR Jakarta 2019

Hal senada disampaikan jawara catur di Pekan Olahraga Provinsi Banten tahun 2018, Jonathan Antony (17), saat ditemui KalderaNews di Festival “Chess in School” di Aula SMAK 1 PENABUR, Jl. Tanjung Duren Raya No.4, Jakarta Barat, Sabtu, 12 Januari 2019 lalu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*