Mitigasi Bencana Akan Digalakkan di Sekolah-sekolah

Mitigasi Bencana Akan Digalakkan di Sekolah-sekolah
Pelajar berkebutuhan khusus berlindung di bawah meja ketika simulasi terjadinya gempa bumi di SD Citta Bangsa, Kompleks Bumi Arya Sena, Jatikramat, Bekasi. Simulasi berbagai bencana itu untuk mendidik para pelajar sedini mungkin dalam menghadapi bencana yang terjadi dengan tepat dan benar (ANTARA FOTO/Saptono)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta, pada Kamis, 17 Januari 2019.

Keduanya membahas instruksi presiden agar masyarakat perlu dibekali pengetahuan tentang mitigasi bencana sebagai upaya mengurangi untuk dampak bencana alam.

“Di satu sisi Mensos memiliki tenaga instruktur dan tutor yang banyak yaitu dari Taruna Siaga Bencana (Tagana), sementara Kemendikbud memiliki subjek yang bisa digarap yaitu sekolah dan siswa. Jika ini dipadukan akan menjadi kekuatan yang sinergis antara dua kementerian,” tutur Menteri Mendibud Muhadjir Effendy.

Senada dengan Mendikbud, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa dalam menindaklanjuti instruksi presiden, pihaknya akan segera merealisasikan program mitigasi bencana dengan Kemendikbud karena Indonesia merupakan negara yang rawan bencana alam.

“Di dalamnya ada pelatihan, pendidikan yang berkaitan dengan kerawanan terhadap potensi bencana,” katanya antusias.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kolaborasi dengan Kemendikbud nantinya akan melibatkan para relawan dan tenaga sukarela di bawah Kemensos.

“Kami yang punya para relawan, selanjutnya Kemendikbud melalui sekolah-sekolahnya memberikan kesempatan bagi para Tagana memberikan pelatihan-pelatihan dan simulasi yang berkaitan dengan penanggulangan bencana,” katanya.

Mendikbud pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa program ini selain melibatkan Tagana, juga akan melibatkan pihak lain yang sudah terdidik dan berpengalaman dalam hal kebencanaan. Mendikbud menegaskan program ini diperuntukkan bagi seluruh sekolah. (ML)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*