Mau Beasiswa Kuliah ke Jerman? Ini Lho Daftar Lengkapnya

Kuliah di Jerman dengan Beasiswa S2 DAAD
Kuliah di Jerman
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kuliah di luar negeri, khususnya Jerman, menjadi dambaan bagi sebagian besar warga Indonesia. Dari yang ingin kuliah ke Jerman ini, tak sedikit pula yang ingin kuliah dengan sokongan dana beasiswa.

Sayangnya, banyak dari kita yang belum tahu cara mencari beasiswa dan syarat-syarat apa saja yang diperlukan. Entah pelajar, mahasiswa atau profesional itu enggan mencari informasi yang sejelas-jelasnya tentang beasiswa.

Terdorong dengan fakta tersebut, KalderaNews mencoba menelusuri sejumlah informasi lembaga dan universitas yang menawarkan beasiswa studi ke Jerman.

BACA JUGA:

Selengkapnya, kamu sengaja diarahkan untuk membuka link-link terkait untuk mendapatkan informasi yang selengkap-lengkapnya. 

1). Beasiswa Jerman dari Pemerintah

  • Beasiswa DAAD
    Beasiswa DAAD ini boleh dikata yang paling populer. Ribuan mahasiswa Indonesia telah dibiayai kuliah di Jerman dengan beasiswa ini. DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst Academic Exchange Service ini menyediakan bantuan biaya pendidikan (beasiswa) bagi hampir 12,000 mahasiswa dari berbagai belahan dunia yang memenuhi persyaratan. Info selengkapkan, silahkan klik dan pelajari di situs www.daadjkt.org.
  • Erasmus + (Erasmus Plus)
    Beasiswa yang ini dari European Commision. Selain DAAD, banyak mahasiswa Indonesia kuliah di Jerman dengan beasiswa ini. Yuk jangan ragu lagi gali informasi termasuk syarat dan ketentuan dengan klik dan membacanya di eacea.ec.europa.eu.

2). Beasiswa Jerman dari Universitas

  • Frankfurt School of Finance and Management Doctoral Tuition Waivers
    Universitas ini spesial di bidang Ekonomi. So, kalau kamu tertarik mendalami administrasi bisnis, akuntansi, matematika, dan keuangan, tak ada salahnya menggali informasi selengkap-lengkapnya di situs resminya yaitu www.frankfurt-school.de
  • RWTH Aachen University Scholarships
    RWTH Aachen University ini tergolong favorit bagi para pemburu beasiswa karena masuk 100 besar universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education Reputation Rankings. Jangan ragu lagi gali informasi nya di situs resminya di www.rwth-aachen.de
  • FRIAS Cofund Fellowship Programme
    Beasiswa bagi mahasiswa internasional di tempat ini fokus untuk mereka yang minat banget pada program penelitan. Kunjungi dan pelajari bidang-budang penelitian yang ditawarkan siapa tahu dengan minat penelitianmu. Tak perlu ragu, simak di www.frias.uni-freiburg.de
  • Universitas dan Hochschule lainnya
    Cobalah googling situs-situs resmi universitas atau sekolah tinggi yang ada di Jerman dan pelajari dengan seksama isinya karena beberapa universitas tentu memberikan beasiswa khusus.

3). Beasiswa Jerman Non-Pemerintah

  • Heinrich Böll Scholarships
    Heinrich Boll Scholarships diadakan secara rutin setiap tahunnya serta terbagi dalam 2 gelombang pendaftaran. Mau tahu kapan saja pendaftaran untuk beasiswa ini dibuka? Yuk cek di www.boell.de.
  • Deutschland Stipendium
    Situs resmi www.deutschlandstipendium.de menawarkan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan ingin melanjutkan kuliah di Jerman. Bantuan biaya yang diberikan sekitar €300 per bulan. 
  • Beasiswa KAAD
    KAAD Scholarships adalah beasiswa dari institusi berbasis agama Katholik. Dengan beasiswa ini kamu bisa melanjutkan studi jenjang S2 atau S3 hingga post-doktoral. Tak perlu ragu lagi ya, cek di http://kaad.de
  • Kurt Hansen Science Scholarships
    Kurt Hansen Science Scholarhsips adalah salah satu lembaga pemberi beasiswa Jerman untuk bidang sains. Program beasiswa ini didanai oleh institusi Bayer. Segera buka dan pelajari situs resminya di www.bayer-foundations.com.
  • Friedrich Ebert Stiftung (FES)
    Beasiswa hanya diberikan kepada calon mahasiswa yang sudah diterima di universitas atau perguruan tinggi. Aplikasi diajukan ketika mahasiswa sudah berada di Jerman. Informasi selengkapnya: https://www.fes.de/studienfoerderung/information-in-english. Organisasi ini terkait erat dengan Partai Sosial Demokrat Jerman SPD. Kemampuan berbahasa Jerman menjadi prasyarat.
  • Friedrich Naumann Stiftung (FNS)
    Yayasan yang terkait dengan Partai Liberal FDP ini menawarkan bantuan kepada mahasiswa asing yang terdaftar dalam program master dan doktoral di Jerman. Bantuan beasiswa buat prograam master sekitar 800 Euro/bulan, maksimum hingga dua tahun. Mereka yang memperoleh ilmu di Jerman diharapkan dapat meningkatkan kondisi di negara asal setelah kembali. Situsnya: https://www.freiheit.org
  • Hanns Seidel Stiftung
    Yayasan Hanns Seidel beralifiliasi dengan Partai Uni Sosial Kristen CSU. Yayasan ini mendukung pelamar berkualitas tinggi untuk mahasiswa pasca-sarjana (usia maksimal 32 tahun) , yang mempunyai nilai sangat baik, ketrampilan berbahasa Jerman dan catatan dalam keterlibatan sosial-politik. Info bisa diperoleh lebih jauh di: http://www.hss.de/english/scholarships.html
  • Konrad Adenauer Stiftung (KAS)
    Bagi mahasiswa yang membutuhkan bantuan uang hidup selama studi di Jerman, bisa mengajukan permohonan bantuan ke orrganisasi yang berafiliasi dengan Uni Kristen Demokrat, CDU ini. Cek situsnya: http://www.kas.de/wf/en/42.8/ atau http://www.kas.de/wf/de/42.34/ Namun pelamar harus ada di Jerman saat mengajukan permohonan.
  • Hans Böckler Stiftung
    Yayasan ini dekat dengan Federasi Serikat Buruh Jerman. Salah satu tujuan program beasiswanya adalah mempromosikan pertukaran pengetahuan antara para sarjana, serikat pekerja dan pekerja. Yayasan ini mencari mahasiswa yang menunjukkan prestasi akademis tetapi terbentur biayai studi. Mereka yang sudah bekerja sebelumnya memiliki kesempatan yang lebih baik. Situs: http://www.boeckler.de/20.htm
  • Master International Media Studies DW Akademie
    Deutsche Welle (DW) juga membuka kesempatan beasiswa untuk para jurnalis yang ingin meraih gelas master, lewat program International Media Studies. Perkuliahan 4 semester dilakukan dalam dua bahasa, Inggris dan Jerman. Info: http://www.dw.com/en/application-process/a-3766411 dan http://dw.com/p/1HkA2

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




1 Comment

  1. saya berminat mencoba mengajukan diri mendapatkan beasiswa dari “DAAD” guna melanjutkan studi di “RWTH Aachen” University setelah lulus nanti di tahun 2025. saat ini saya bersekolah di “SMK STRADA” Jakarta jurusan “Tehnik Mekatronika” atau “komputerise mesin”. Besar harapan saya untuk mendapatkan info cara masuk ke link “DAAD” guna mendaftar, sebelum dan sesudah saya ucapkan banyak terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*