Pusat Studi ASEAN Kini Nongol di Unsri dan UIN Raden Fatah Palembang

Sharing for Empowerment
UIN Raden Fatah Palembang (KalderaNews/Ist)

PALEMBANG, KalderaNews.com – Kementerian Luar Negeri bekerjasama dengan Universitas Sriwijaya dan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang membuka Pusat Studi ASEAN (PSA) di Palembang, 18-19/8. Kemlu RI di Jakarta pada KalderaNews menyebutkan pembentukan PSA ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN, Kementerian Luar Negeri dengan kedua universitas tentang Kerjasama Bidang Pendidikan, Penelitian atau Pengkajian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Rektor Universitas Sriwijaya, Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE dalam sambutannya menyatakan bahwa kerjasama ini telah lama ditunggu oleh pihak perguruan tinggi tersebut. Selama ini, Universitas Sriwijaya sudah bekerjasama dengan perguruan tinggi di negara-negara ASEAN, seperti Malaysia dan Vietnam yang sifatnya antar perguruan tinggi. Ke depan diharapkan kerjasama dapat dikembangkan melalui kegiatan pengajaran oleh pejabat-pejabat Kementerian Luar Negeri. 

Keesokan harinya, Kementerian Luar Negeri menandatangani Nota Kesepahaman untuk kerjasama serupa dengan UIN Raden Fatah Palembang. “Pembukaan PSA di Palembang menjadi momentum penting karena sesuai dengan visi UIN Raden Fatah Palembang dan kota Palembang sendiri untuk melakukan internasionalisasi nilai-nilai ke-Indonesia-an dan keislaman,” ucap Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Prof. Drs. H. M. Sirozi, M.A., Ph.D. saat membuka kegiatan nota kesepahaman tersebut.

Pada kedua acara pembentukan kedua PSA tersebut, Kementerian Luar Negeri diwakili oleh Ashariyadi, Sekretaris Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN. Ia menyambut baik kerja sama ini yang akan memperkaya wawasan melalui kajian-kajian ilmiah yang dilakukan oleh PSA. 

Dengan dibentuknya dua PSA baru di Palembang,maka jumlah PSA hingga saat ini berjumlah 39 buah yang tersebar dari Banda Aceh hingga Ambon. PSA memiliki peran penting sebagai salah satu sarana untuk mendekatkan ASEAN kepada kalangan perguruan tinggi dan masyarakat umum, selaras dengan semangat ASEAN yang berorientasi dan berpusat pada rakyat. (FA)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*