Inilah Sutradara Pertama Film Gundala

Lilik Sudjio
Lilik Sudjio
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Film Gundala (2019) garapan sutradara Joko Anwar segera rilis pada 29 Agustus nanti. Film superhero yang diadaptasi dari komik Gundala karya Harya Suraminata atau Hasmi ini, sebelumnya pernah dibuat pada 1981.

Gundala Putra Petir (1981) dibintangi oleh aktor kenamaan saat itu, seperti Teddy Purba (Sancaka), Ami Prijono (Profesor Saelan), Anna Tairas (Minarti), dan W.D. Mochtar (Gazul). Gundala versi pertama ini lahir di tangan sutradara Lilik Sudjio. Selain menggarap film pahlawan super, Lilik telah membidani banyak film komedi, percintaan sampai mistik dengan aktor-aktor terkenal seperti Benyamin Sueb hingga Roy Marten.

BACA JUGA:

Lilik Sudjio lahir di Makassar 14 Mei 1930. Sejak kecil, dia sudah ikut ayah angkatnya, Astaman, salah satu pemeran utama dalam sandiwara keliling Dardanella. Astaman aktif sebagai aktor sandiwara dan film sejak 1910-an. Setelah lulus sekolah dasar dan sekolah teknik, pada 1947 sampai 1949, Lilik bergabung dengan sandiwara keliling Bintang Timur yang dipimpin Djamaludin Malik. Selain sebagai pemain dan membantu penyutradaraan, dia juga mempelajari segi-segi seting dan dekorasi pentas sandiwara.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*