Ini Lho Penyebab Hoax Terus Beredar dan Berseliweran

Sharing for Empowerment
Para narasumber di Diskusi Media “Menakar Upaya Konkret Media Online dalam Melawan Hoax & Politisasi SARA untuk Persatuan NKRI” di Hall Dewan Pers, Jakarta, Senin, 26 Maret 2018 (KalderaNews/IWO)


JAKARTA, KalderaNews.com – Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO), Jodhi Yudono menilai berita hoax terus beredar lantaran ada ketidakpercayaan masyarakat terhadap media-media saat ini yang sudah dimanfaatkan oleh kepentingan politik.

“Saya menilai, saat ini media tidak lagi independent, sehingga muncullah sekarang citizen jurnalisme (jurnalis warga) yang bisa menyampaikan sesuatu,” kata Jodhi dalam diskusi media di Hall Dewan Pers, Jakarta, Senin, 26 Maret 2018.

Ia menambahkan kepercayaan masyarakat kepada pers harus dikembalikan dengan membangun peradaban dan dunia kemanusian.

Di era teknologi saat ini dimana berita-berita hoax dengan cepat menyebar, harapnya, jurnalis perlu meningkatkan kualitas pemberitaan guna menangkal berita provokatif, ujaran kebencian dan hoax.

Sementara itu, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Auri Jaya menyatakan untuk mencegah kabar bohong itu, media haruslah teliti mencari narasumber.

“Kalau sumber dan faktanya tidak bisa dipertanggungjawabkan tentunya tidak bisa dijadikan narasumber,” ujar dia.

Kalaupun mengutip dari medsos, haruslah jelas identitas dari akun medsos tersebut, sebab banyak para politikus sekarang mengunakan medsos untuk menyampaikan suaranya.

Hadir pula dalam Diskusi Media “Menakar Upaya Konkret Media Online dalam Melawan Hoax & Politisasi SARA untuk Persatuan NKRI” ini, Direktur Eksekutif Komunikoten/Institue Media Sosial dan Diplomasi Hariqo Wibawa Satria serta Kompol Bayu dari Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Mabes Polri. (FA)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*