Deadline Beasiswa S2 dan S3 ke Jerman Heinrich Böll Foundation 1 Maret 2019

Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Jika kami saat ini sedang mencari beasiswa S2 atau S3 ke Jerman, tak ada salahnya memilih Heinrich Böll Foundation Scholarship ini. Beasiswa ini sebenarnya terbuka untuk jenjang S1, S2, dan S3, tetapi untuk pelamar non-Uni Eropa hanya dibuka untuk S2 dan S3.

Beasiswa yang diberikan tak beda jauh dengan DAAD, yaitu tunjangan sebesar € 850 (± Rp 14,3juta) per bulan, sementara bagi penerima beasiswa S3 sebesar € 1200 (± Rp 20juta) ditambah € 100 untuk tunjangan bepergian.

Namun harus dicatat bahwa beasiswa Heinrich Böll Foundation ini tidak mencakup biaya perkuliahan di universitas. Beasiswa dibuka untuk semua jurusan/bidang studi di Perguruan Tinggi (termasuk universitas ilmu terapan dan universitas seni) yang ada di Jerman.

Persyaratan umumnya, pelamar telah menyelesaikan gelar sarjana (S2) dan pelamar harus sudah mendaftar sebagai mahasiswa dan diterima pada institusi perguruan tinggi Jerman yang diakui (S3), memiliki pemahaman bahasa Jerman yang baik (TestDaf level B2 atau Level DSH 2) dan prioritas akan diberikan kepada pelamar yang memiliki proyek disertasi terkait dengan bidang kegiatan yang dilaksanakan oleh Heinrich Böll Foundation (S3).

Berikut ini dokumen-dokumen yang perlu disiapkan:

1. Formulir Pendaftaran
2. Salinan resmi ijazah pada jenjang pendidikan sebelumnya.
3. Salinan resmi transkrip nilai beserta penjelasan sistem penilaian.
4. Bukti penerimaan di universitas (LoA) (khusus pelamar Program S2, dapat diserahkan menyusul paling lambat sebelum keputusan pendanaan disetujui) .
5. Bukti kemampuan berbahasa Jerman dengan ketentuan: Level DSH 2 / TestDaf level B2.
6. Bagi pelamar yang mengambil Program Master jurusan Media dapat menyertakan contoh hasil karya sebelumnya (contoh: bukti karya tulis di majalah sekolah, bukti publikasi/penyiaran di radio, dll).
7. Surat Referensi dari perwakilan institusi/organisasi mengenai komitmen sosial pelamar (panjang 1-2 halaman). Surat referensi harus menjelaskan informasi berikut:
– A description of your social commitment, especially in areas in which you have actively assumed responsibility. The reference should state exactly what you have done or achieved to date, assessing in particular aspects of your commitment that are not sufficiently apparent from your CV or your statement of motivation.
– A personal assessment of your specific concerns and which particular causes you support.
– An assessment of your ability to reflect on political affairs and an appraisal of your personality.
– The context in which the referee made your acquaintance and how long he or she has known you.

8. Untuk pelamar program S2: Surat Referensi dari dosen/universitas dengan panjang 1-2 halaman, berisi detail program studi yang akan diambil pelamar di Jerman nantinya serta prestasi/nilai akademis sebelumnya.
9. Untuk pelamar program S3: 2 (Dua) Surat Referensi dari profesor/asisten profesor dimana salah satunya merupakan pembimbing utama disertasi PhD pelamar.
10. Detail proyek riset dengan panjang maksimal 10 halaman, berisi:
– A detailed outline of your research project, including the research topic, current status of research, theoretical background, methodological approach and a research plan, academic and social relevance, including a bibliography of works cited: up to 8 pages.
– Overview of the structure of your exposé: 1 page.
– A preliminary research plan and timetable for, at most, 24 months, including a detailed description of the preliminary work you have undertaken to date: 1 page.

Batas akhir pendaftaran online 1 Maret 2019 (Annual) dengan KLIK: Heinrich Böll Foundation Scholarship. Informasi lengkap mengenai ini KLIK: Heinrich Böll Stiftung. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*