Hati-Hati Beasiswa Abal-abal, Berikut Cara Mendeteksinya!

Ilustrasi: Hati-Hati Beasiswa Abal-abal
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com– Kini, peluang untuk mendapatkan beasiswa kian terbuka. Namun, kamu tetap harus hati-hati sebelum mendaftarkan diri ke program beasiswa tertentu. Nah, berikut ini cara mendeteksi program beasiswa yang abal-abal alias palsu:

Pastikan beasiswa berasal dari lembaga ternama atau legal
Jangan mudah percaya jika ada beasiswa yang dikeluarkan lembaga tidak legal atau mungkin tak dikenal. Pasalnya, pemberi beasiswa tidak mungkin instansi kecil dan ilegal, mengingat dalam penyaluran beasiswa membutuhkan berbagai syarat administratif dan dana yang besar.

Pemberi beasiswa biasanya lembaga yang terkenal karena memiliki hubungan kerja sama resmi dengan pemerintah, institusi pendidikan, peneliti, atau lembaga swadaya masyarakat. Selain itu, beasiswa yang baik pasti memiliki alumni yang bereputasi dan bisa dicari informasi langsung dari alumninya. Jika tidak terdapat hal-hal itu, sebaiknya perlu diwaspadai atau bahkan dihindari.

BACA JUGA:

Meminta biaya
Logika sederhana, para peminat beasiswa mendaftar beasiswa karena butuh bantuan biaya pendidikan. Maka, jika ada yang memungut biaya kecil atau besar sebelum seleksi dimulai atau sebelum mendapatkan beasiswa, jangan dipercaya. Sponsor resmi beasiswa pastinya sudah menyiapkan dana seleksi, pelatihan, keberangkatan, biaya selama menempuh pendidikan, hingga kembali pulang ke kampung halaman.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*