Peter van Tuijl: Cobalah Makan Sehari Tanpa Nasi Begitu Tiba di Belanda

Peter van Tuijl
Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl (KalderaNews/Fajar H)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Cepat bisa beradaptasi dengan lingkungan setempat itu sangat penting bagi siapa pun, tak terkecuali bagi para pelajar Indonesia yang akan menempuh studi ke Belanda, baik dengan self-funding (biaya sendiri) atau pun scholarship (beasiswa). Nah, biar bisa cepat beradaptasi, Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl memiliki kiat khusus bagi mereka ini.

“Minggu-minggu pertama di Belanda saya kira musti belajar naik sepeda. Ini penting banget karena Belanda itu negara kecil, bisa jalan bisa naik sepeda. Itu sehat dan lebih murah. Kedua, musti belajar naik kendaraan umum dan coba makan makanan lain. Cobalah makan sehari tanpa nasi misalnya,” anjurnya saat berbicara pada KalderaNews di sela-sela acara Pre Departure Briefing 2018 yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia dan Holland Alumni di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Auditorium Lantai 2, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Sabtu, 11 Agustus 2018.

BACA JUGA:

Ia pun menambahkan, dari sisi budaya penting juga bagi pelajar Indonesia untuk bisa beradaptasi. Budaya di Belanda tentu jelas berbeda dengan budaya di Indonesia.

“Saya kira orang Belanda selalu mandiri. Jangan takut untuk bertanya. Bagi orang Indonesia penting juga untuk lebih asertif dalam komunikasi dengan orang biasa di toko atau dimana saja, tapi juga di dalam kelas. (Pelajar Indonesia-red) perlu mendekati guru dengan pertanyaan dan pemikiran.”

Asertif yang dimaksud Peter tentu saja kemampuan untuk mengomunikasikan pikiran, perasaan, dan keinginan secara jujur kepada orang lain tanpa merugikan orang lain.

“Ini memang harapan kita, pelajar Indonesia makin percaya diri dan kembali ke tanah air lebih pede,” pungkasnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*