6 Hal yang Menentukan Penerimaan Jalur SBMPTN 2019

Ilustrasi: SBMPTN 2019
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com– Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI dan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) telah membuka pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2019 yang akan berakhir 24 Juni 2019. Sampai Senin, 17 Juni 2019, jumlah peserta mencapai 372.534. Dari jumlah itu, sebanyak 177.523 peserta program kelompok Sains dan Teknologi, 190.235 peserta program kelompok Sosial Humaniora, dan 4.773 peserta program kelompok campuran.

Nah, melalui laman resmi LTMPT, ada 6 hal yang menjadi penentu penerimaan jalur SBMPTN, yaitu:

  • Pilihan PTN
  • Pilihan program studi ( prodi)
  • Daya tampung/kuota prodi
  • Jumlah peminat
  • Nilai UTBK
  • Tingkat keketatan prodi

BACA JUGA:

Tidak ada passing grade
LTMPT, Rektor, dan Wakil Rektor PTN tidak pernah mengeluarkan passing grade atau nilai batas penerimaan calon mahasiswa jalur SBMPTN 2019. Bila beredar passing grade, maka dipastikan bukan dari LTMPT dan informasi tersebut bisa menyesatkan, demikian ditegaskan pihak LTMPT.

Maka, LTMPT mengingatkan kepada seluruh peserta SBMPTN agar tak mengunggah hasil UTBK dalam bentuk apapun. Nilai UTBK bersifat rahasia, hanya diberikan kepada individu. LTMPT menegaskan, bila ada pihak tertentu melakukan perangkingan UTBK, maka tidak menjadi tanggung jawab LTMPT.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*