Kemendikbudristek Dikabarkan akan Pecah Menjadi 3 Kementerian di Era Prabowo-Gibran, Apa Saja?

Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Ist.)
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Dikabarkan bahwa Kemendikburistek akan pecah menjadi tiga Kementerian di era presiden terpilih Prabowo – Gibran. Apa saja?

Presiden terpilih RI periode 2024-2029 memanggil para calon menteri ke kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, pada Senin 14 Oktober 2024.

Sebelumnya, Anggota DPR RI Periode 2024–2029 Syaiful Huda menyampaikan bahwa ada kemungkinan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dipecah menjadi tiga kementerian di era Prabowo-Gibran.

BACA JUGA:

“Setahu saya, memang ada rencana akan dipecah. Ada opsi jadi dua, ada opsi jadi tiga,” ungkap Huda di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Ia menyampaikan, tiga kementerian tersebut adalah terkait dengan bidang pendidikan dasar, bidang pendidikan tinggi dan riset, serta kebudayaan.

“Tadinya opsi tiga itu ada dikdas (pendidikan dasar), dikti (pendidikan tinggi) dan riset, dan kebudayaan, tapi sampai hari ini kita tunggu,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kementerian Riset dan Teknologi telah berdiri sendiri. Kemudian ada perombakan kedua saat Kabinet Indonesia Maju pada 28 April 2021 yang mana Kementerian Riset dan Teknologi dilebur ke dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lalu, dinamakan apa kementerian yang membidangi pendidikan dasar, pendidikan tinggi dan riset serta kebudayaan, dan siapa calon menteri-menterinya?

1. Menteri pendidikan dasar dan menengah (Mendikdasmen)

Pertama, isu yang dikabarkan Kemendikbudristek akan dipecah menjadi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah atau Mendikdasmen yang akan membawahi pendidikan dasar di sekolah.

Adapun calon Mendikdasmen yang diisukan adalah Abdul Mu’ti, sekretaris umum PP Muhammadiyah.

2. Menteri pendidikan tinggi dan riset

Kedua, Kemendikbudristek akan dipecah menjadi Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset yang akan fokus membawahi pendidikan tinggi dan perguruan tinggi dan riset.

Untuk calon menteri yang fokus pada pendidikan tinggi dan riset ini masih belum diketahui siapa sosoknya pada kabinet era Prabowo-Gibrang mendatang.

3. Menteri kebudayaan

Terakhir, Kemendikburistek juga akan dipecah menjadi Menteri Kebudayaan yang fokus pada bidang budaya.

Adapun sosok yang menjabat Menteri Kebudayaan di era Prabowo – Gibran, juga belum diketahui pasti. Namun, Fadli Zon menjadi salah satu nama yang mencuat dalam bursa menteri 2024-2029.

Pengumuman kabinet Prabowo-Gibran sendiri akan berlangsung pada hari pelantikan, 20 Oktober 2024 mendatang.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*