Yayasan Tarakanita Surabaya Sosialisasi Perlindungan Anak dan Dewasa Rentan

Suster Valentina CB dan Suster Wedhig CB
Suster Valentina CB dan Suster Wedhig CB (KalderaNews/Dok. Tarakanita)
Sharing for Empowerment

SURABAYA, KalderaNews.com – Yayasan Tarakanita Kantor Wilayah Surabaya menggelar sosialisasi tentang perlindungan anak dan dewasa rentan sebagai respons terhadap meningkatnya kasus kekerasan di lingkungan dunia pendidikan.

Sosialisasi ini dibawakan oleh Suster Valentina CB dan Suster Hedwig CB serta dalam sosialisasi ini juga dihadiri oleh para pendidik unit sekolah Yayasan Tarakanita Surabaya, structural Yayasan Tarakanita Kantor Wilayah Surabaya, serta pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan kesadaran tentang berbagai bentuk kekerasan yang sering terjadi di sekolah, seperti kekerasan fisik, psikis, dan seksual.

Menurut data dari Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (SIMFONI PPA), Jawa Timur menempati urutan kedua dengan jumlah kasus kekerasan pada anak yang tinggi. Kasus-kasus seperti perundungan dan kekerasan seksual sering tidak terlaporkan karena budaya victim-blaming dan kurangnya pemahaman peserta didik tentang kekerasan.

BACA JUGA:

Yayasan Tarakanita Surabaya mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan ramah anak.

Selain itu, pada sosialisas perlindungan anak dan dewasai ini juga menekankan peran penting bagi setiap keluarga dalam melindungi anak-anak.

Hubungan yang sehat antara orang tua dan anak dinilai menjadi salah satu faktor pelindung yang kuat. Dengan adanya pelatihan dan edukasi tentang hak-hak anak serta standar keamanan yang lebih ketat, diharapkan dapat mencegah terjadinya kekerasan lebih lanjut di lingkungan pendidikan.

“Komitmen kami adalah menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung hak setiap anak untuk mendapatkan perlindungan,” ujar perwakilan Yayasan Tarakanita. (Oleh: Nathan Tidiend Haripraditya)

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*