Tiga Akademisi Amerika Serikat Diberi Hadiah Nobel Ekonomi 2024

Daron Acemoglu, Simon Johnson, dan James Robinson meraih Hadiah Nobel Ekonomi 2024. (nobelprize.org)
Daron Acemoglu, Simon Johnson, dan James Robinson meraih Hadiah Nobel Ekonomi 2024. (nobelprize.org)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tiga akademisi Amerika Serikat; Daron Acemoglu, Simon Johnson, dan James Robinson meraih Hadiah Nobel Ekonomi 2024.

Daron Acemoglu dan Simon Johnson adalah dosen di Massachusetts Institute of Technology. Sementara, James Robinson mengajar di University of Chicago.

Penghargaan bergengsi ini secara resmi dikenal sebagai Sveriges Riksbank Prize in Economic Sciences in Memory of Alfred Nobel.

Ini merupakan hadiah Nobel terakhir yang diumumkan tahun ini.

BACA JUGA:

Menurut Komite Nobel, penghargaan ini diberikan atas kontribusi mereka dalam penelitian mengenai pembentukan lembaga negara dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan warga.

Ketua Komite Penghargaan Ilmu Ekonomi, Jakob Svensson mengatakan, mengurangi perbedaan besar dalam pendapatan antarnegara adalah tantangan terbesar zaman ini.

“Dan, para pemenang telah menunjukkan pentingnya lembaga negara dan masyarakat dalam mencapai hal ini,” katanya.

Masyarakat dengan aturan hukum yang buruk serta lembaga yang mengeksploitasi warganya justru cenderung menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang positif.

Hadiah Nobel Ekonomi

Sebenarnya, Nobel Ekonomi bukan salah satu dari hadiah asli dalam bidang ilmu pengetahuan, sastra, dan perdamaian yang dibuat berdasarkan wasiat Alfred Nobel.

Penghargaan ekonomi ini ditambahkan kemudian, didirikan, serta didanai oleh Bank Sentral Swedia sejak tahun 1968.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*