Catat! Inilah Etika Penggunaan AI untuk Mahasiswa dan Dosen yang Diatur di Panduan GenAI Kemendikbudristek

Penggunaan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) dalam isu perubahan iklim. (by freepik)
Penggunaan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) dalam isu perubahan iklim. (by freepik)
Sharing for Empowerment

JAKARTA,KalderaNews.com – Inilah etika penggunaan kecerdasan buatan atau AI untuk mahasiswa dan dosen yang diatur di buku panduan GenAI Kemendikbudristek.

Etika penggunaan kecerdasan buatan generatif (generative AI/GenAI) di perguruan tinggi Indonesia saat ini sudah tertuang dalam panduan resmi yang dirilis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Panduan ini berlaku bagi mahasiswa maupun dosen. Ada empat bidang etika penggunaan GenAI, yaitu memerhatikan integritas akademik, keamanan dan keselamatan dalam pemanfaatannya, kesetaraan dan transparansinya, serta memerhatikan dampaknya pada lingkungan.

BACA JUGA:

Integritas akademik meliputi nilai kejujuran, kepercayaan, keadilan, sikap terhormat, tanggung jawab, dan keberanian. Inilah beberapa etika penggunaan AI yang bisa dosen dan mahasiswa terapkan.

Etika penggunaan AI untuk mahasiswa dan dosen bidang integritas akademik

Sejumlah tools berfungsi untuk mendeteksi ketidakjujuran dalam menggunakan generative AI. Contohnya seperti Turnitin AI Detection, Copyleaks, GPTZero, dan lain-lain.

Berikut cara menghindari ketidakjujuran dan lolos dari detector tools:

  1. Tulis ulang setiap judul (kerangka tulisan) yang dihasilkan oleh generative AI dengan bahasa sendiri.
  2. Pakai GenAI sebagai alat bantu penelusuran dan riset, bukan sebagai penghasil konten semata, sehingga mahasiswa tetap menjadi pemilik dan pengatur ide dan hasil pemikirannya sendiri.
  3. Pertahankan gaya tulisan sendiri dan pertahankan sentuhan manusia dalam karya tulis dengan tidak sepenuhnya bergantung pada struktur kalimat yang dihasilkan oleh aplikasi seperti Grammarly.
  4. Hindari aplikasi parafrase seperti Quillbot, susu kata-kata sendiri sehingga alur tulisan lebih terjaga, jelas dan koheren.
  5. Pastikan struktur tulisan jelas, mulai dari pendahuluan, sitasi dan kesimpulan.
  6. Pastikan sitasi benar saat mengutip argumentasi karya tulis lain agar tidak dianggap dan terdeteksi sebagai konten GenAI.
  7. Hindari istilah, kata-kata kunci, maupun kata ganti yang sering dipakai generative AI.
  8. Gunakan tools detector untuk cek manual dan menulis ulang bagian yang terdeteksi sebagai hasil GenAI itu sendiri.

Etika penggunaan ai oleh mahasiswa untuk dosen bidang integritas akademik

  1. Sementara itu, terkait tugas mahasiswa dan pembelajarannya, dosen perlu:
  2. Minta mahasiswa menggambarkan cara mereka menggunakan generative AI dalam menyelesaikan tugas, lalu tantangan, cara mengatasi, serta pengalaman penting yang didapat.
  3. Minta mahasiswa berlatih membuat prompt yang efektif.
  4. Minta mahasiswa kritis mengevaluasi hasil jawaban (output) generative AI dari sisi akurasinya, apakah dapat dipercaya atau ada bias, serta kualitasnya, dan lain-lain.
  5. Wajibkan mahasiswa mengecek fakta, mengkritisi, menginvestigasi, dan mengedit/tulis ulang hasil jawaban generative AI.
  6. Minta mahasiswa membandingkan hasil kerja mandiri dan hasil bantuan generative AI sehingga mereka dapat mengenali kelebihan, kecenderungan, dan perspektifnya sendiri, serta merefleksikan peran AI: gagal atau sukses berkontribusi dalam melengkapi pemikirannya.
  7. Jelaskan ekspektasi atas tugas atau kegiatan yang diberikan secara tertulis, serta relevansinya.
  8. Jelaskan kapan penggunaan generative Ai dibolehkan dan dilarang; saat dibolehkan, mahasiswa wajib mendokumentasikannya, mencantumkan atribusi, dan menunjukkan proses kritisnya dalam memverifikasi hasil jawaban generative AI.
  9. Izinkan mahasiswa bersama-samamengidentifikasi kesalahan, mengoreksi/revisi, dan merepresentasikan proses berpikirnya.
  10. Buka kesempatan bagi mahasiswa untuk merevisi dan mengirim ulang tugasnya sehingga mendorong tumbuh-kembangnya.
  11. Dorong komunikasi/penyampaian hasil tugas yang multimodal dan kreatif, misalnya berbentuk suara, memo, podcast, video, infografis, website, presentasi dan lain-lain.
  12. Dorong mahasiswa untuk menghubungkan materi pembelajarannya dengan kehidupan nyata sehingga dapat lebih memotivasi mahasiswa untuk belajar dengan konteks personal.
  13. Bangun “growth mindset” dengan melatih mahasiswa untuk menentukan sendiri sasaran belajarnya dan merefleksikan progres yang mereka capai sepanjang semester.

Itulah etika penggunaan AI untuk mahasiswa dan dosen sebagaimana diatur di buku panduan GenAI Kemendikbudristek.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*