Nobel Perdamaian 2024 untuk Nihon Hidankyo, Para Penyintas Bom Atom Hiroshima-Nagasaki

Nobel Perdamaian 2024 untuk Nihon Hidankyo. (nobelprize.org)
Nobel Perdamaian 2024 untuk Nihon Hidankyo. (nobelprize.org)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Nobel Perdamaian 2024 dianugerahkan untuk Nihon Hidankyo, organisasi penyintas bom atom Hiroshima-Nagasaki di Jepang.

Nobel Perdamaian ini sebagai penghargaan atas upaya organisasi tersebut untuk mencapai dunia yang bebas dari senjata nuklir.

BACA JUGA:

Menumbuhkan harapan perdamaian

“Gerakan akar rumput penyintas bom atom dari Hiroshima dan Nagasaki, yang juga dikenal sebagai Hibakusha, menerima hadiah perdamaian untuk upayanya mencapai dunia yang bebas dari senjata nuklir dan untuk menunjukkan melalui kesaksian saksi bahwa senjata nuklir tidak boleh digunakan lagi,” ujar Jorgen Watne Frydnes, Ketua Komite Nobel.

Nihon Hidankyo berkomitmen menghormati seluruh penyintas bom atom Hiroshima dan Nagasaki. Meskipun mereka mengalami penderitaan fisik dan kenangan menyakitkan.

Mereka, para penyintas ini telah memilih menggunakan pengalaman berharganya demi menumbuhkan harapan dan keterlibatan pencapaian perdamaian.

“Mereka membantu kita menggambarkan hal yang tidak dapat dijelaskan, memikirkan hal yang tidak terpikirkan, dan memahami rasa sakit dan penderitaan yang tidak dapat dipahami yang disebabkan oleh senjata nuklir,” papar Komite Nobel.

Tahun ini, Komite Nobel menerima sebanyak 286 kandidat penerima Nobel Perdamaian yang terdiri atas 197 individu dan 89 organisasi.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*