Ternyata, Begini Cara Melihat Saingan CPNS 2024 Per Jabatan! Yuk Cek Sekarang Ada Berapa Pesaingmu!

Cara cek saingan pelamar CPNS 2024
Cara cek saingan pelamar CPNS 2024 (Dok: tangkapan layar SSCASN)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat ini, para pelamar bisa melihat jumlah pesaing pada jabatan yang dilamar, lho! Yuk, cara melihat saingan CPNS 2024 per jabatan!

Kabar baik untuk para pelamar yang sudah dinyatakan lolos seleksi administrasi CPNS 2024 dan akan menghadapi seleksi selanjutnya.

Saat ini, pelamar bisa mengecek jumlah pesaing pada jabatan masing-masing yang akan berkompetisi di ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

BACA JUGA:

Lalu, bagaimanakah cara cek jumlah saingan CPNS 2024 pada jabatan yang dipilih? Coba cek panduannya di sini!

Cara melihat saingan CPNS 2024 per jabatan

1. Buka Google Chrome atau Mozilla Firefox

2. Buka portal SSCASN di link https://sscasn.bkn.go.id

3. Pada kolom Jenjang Pendidikan, pilih jenjang pendidikan yang dinyatakan saat pendaftaran, seperti SD, SLTP, SLTA, SLTA Kejuruan/SMK, SLTA Keguruan, Diploma I, Diploma II, Diploma III/Sarjana Muda, S-1/Sarjana, S-2, atau S-3.

4. Pada kolom Program Studi, isikan nama prodi sesuai yang tertera di ijazah, lalu pilih salah satu pilihan prodi yang tersedia sesuai jenjang pendidikan akhir yang didaftarkan.

5. Pada kolom Instansi, isikan nama lengkap instansi yang dilamar

6. Pada kolom Jenis Pengadaan, isikan pilih CPNS

7. Klik tombol biru Cari

8. Halaman SSCASN akan menampilkan jabatan CPNS 2024 yang dibuka untuk kriteria jurusan dan jenjang pendidikan tersebut pada instansi yang dipilih

9. Cari jabatan dan unit kerja yang dilamar pada instansi tersebut

10. Pada kolom Jumlah Lulus Verifikasi di bagian paling kanan laman SSCASN, akan tampak jumlah saingan pada jabatan di unit kerja yang  dilamar.

Perlu kamu pahami, bahwa untuk bisa lanjut ke tahap selanjutnya setelah SKD adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Untuk bisa lolos ke SKB, maka total pelamar yang diambil adalah kelipatan tiga dari formasi yang dibutuhkan.

Misalnya, jabatan Pranata Laboratorium si instansi Kemendikbudristek membuka lima formasi, maka untuk lolos ke tahap selanjutnya dikali tiga atau butuh lima belas pelamar.

Jadi, kamu bisa atur strategi belajarmu dengan baik setelah mengetahui cara melihat saingan CPNS 2024 per jabatan ini!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*