Peluang Emas! Beasiswa GKS 2025 Sudah Dibuka, Bisa Kuliah S1 Gratis ke Korea Selata, Nih!

Kuliah di Korea Selatan. (kalderanews.com)
Kuliah di Korea Selatan. (kalderanews.com)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS) 2025 sudah dibuka. Kamu bisa kuliah S1 gratis di Korea Selatan. Cek informasi selengkapnya di sini!

GKS adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Korea Selatan yang ditujukan untuk para mahasiswa internasional, termasuk mahasiswa asal Indonesia.

Kamu bisa memilih salah satu dari dua jalur pendaftaran, yaitu embassy track ataupun university track. Yuk simak persyaratan lengkap beasiswa GKS 2025!

BACA JUGA:

Cakupan beasiswa GKS

  1. Biaya kuliah full
  2. Biaya pesawat PP kelas ekonomi
  3. Tunjangan kedatangan
  4. Tunjangan bulanan
  5. Asuransi kesehatan
  6. Pelatihan bahasa Korea
  7. Tunjangan tambahan bagi mahasiswa yang mendapatkan nilai TOPIK level 5 atau 6 Tunjangan penyelesaian studi

Persyaratan beasiswa GKS 2025

1. Calon pendaftar dan orangtua pendaftar adalah warga negara dari salah satu negara partner beasiswa GKS, termasuk Indonesia.

2. Apabila calon pendaftar dan orangtuanya memiliki dua kewarganegaraan, di mana salah satunya adalah kewarganegaraan Korea, maka tidak memenuhi syarat untuk mendaftar.

3. Pendaftar telah lulus atau akan lulus dari jenjang pendidikan SMA untuk mendaftar kuliah S1. Pendaftar yang akan lulus SMA harus melampirkan surat pernyataan kelulusan dari sekolah. Ijazah dan transkrip nilai resminya paling lambat dikumpul pada tanggal 31 Desember 2024.

4. Memiliki nilai minimal 80 dari sakala 100 atau berada di peringkat 20 persen terbaik dalam kelas. 5. Berusia di bawah 25 tahun (lahir setelah 1 Maret 2000).

5. Berusia di bawah 25 tahun (lahir setelah 1 Maret 2000).

6. Tidak memiliki riwayat kriminal yang akan menghalanginya untuk melakukan perjalanan internasional.

7. Memiliki kesehatan yang baik, baik secara mental maupun fisik.

Persyaratan dokumen

  1. Application checklist
  2. Formulir pendaftaran (form 1)
  3. Personal statement (form 2)
  4. Study plan (form 3)
  5. Surat rekomendasi (form 4)
  6. GKS applicant agreement (form 5)
  7. Medical assessment (form 6)
  8. Ijazah atau surat keterangan lulus
  9. Transkrip nilai
  10. Bukti dokumen kewarganegaraan pendaftar dan orang tua pendaftar (bisa berupa akta kelahiran, paspor, kartu keluarga, ataupun KTP)
  11. Sertifikat kemampuan bahasa Korea atau bahasa Inggris (jika ada)
  12. Sertifikat penghargaan atau prestasi (jika ada)
  13. Application checklist serta form 1 sampai form 6 dapat didownload di laman beasiswa GKS.

Cara daftar beasiswa GKS 2025

Pendaftar bisa memilih salah satu dari dua jalur pendaftaran, yaitu embassy track ataupun university track.

Apabila memilih untuk daftar melalui embassy track, maka harus mengirimkan dokumen-dokumen pendaftarannya melalui pos ke alamat Kedutaan Besar Korea Selatan di Jl. Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta, 12950, Telepon di 021-2967-2555

Sementara bagi pelamar yang mendaftar melalui university track, maka harus mengirimkan dokumen pendaftarannya ke universitas tujuannya.

Prosedur pendaftaran melalui university track bisa dicek langsung di website universitas tujuan pelamar. Seluruh dokumen harus ditulis dalam Bahasa Korea atau Bahasa Inggris.

Dokumen-dokumen yang tidak berbahasa Korea atau Inggris harus diterjemahkan ke dalam Bahasa Korea atau Bahasa Inggris dan disahkan oleh institusi yang bersangkutan atau disahkan oleh notaris.

Seluruh dokumen pendaftaran yang dikirimkan haruslah dokumen asli, jika mengirimkan salinan atau fotocopyannya maka harus disahkan oleh notaris.

Jadwal pendaftaran Beasiswa Korea Selatan

Untuk batas waktu pendaftaran jalur embassy track akan segera diumumkan oleh Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia. Sementara untuk pendaftaran university track batas waktunya hingga 25 Oktober 2024.

Tertarik dengan Beasiswa GKS 2025 karena ingin kuliah S1 gratis ke Korea Selatan? Catat baik-baik  informasi di atas dan bisa catat informasi terkait GKS di sini!  

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*