Berapa Biaya Hidup di Denpasar untuk Mahasiswa? Hitung Yuk Kisarannya di Sini!

Pura Ulun Danu Beratan di tepi Danau Bedugul Tabanan, Bali
Pura Ulun Danu Beratan di tepi Danau Bedugul Tabanan, Bali (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

DENPASAR, KalderaNews.com – Berapa biaya hidup di Denpasar untuk mahasiswa? Ibukota provinsi Bali ini menawarkan biaya hidup yang lumayan terjangkau untuk mahasiswa, cek di sini!

Denpasar, sebagai ibu kota Provinsi Bali, menawarkan pengalaman kuliah yang unik. Selain bisa belajar, mahasiswa bisa menikmati keindahan alam sekaligus menjalani kehidupan akademik.

Di Denpasar sendiri ada banyak sekali kampus-kampus ternama seperti Universitas Hindu Indonesia, Universitas Mahasaraswati, Universitas Ngurah Rai, Poltekkes Kemenkes dan sebagainya.

BACA JUGA:

Biaya hidup di Denpasar untuk mahasiswa cukup terjangkau, namun bisa bervariasi tergantung pada gaya hidup dan kebutuhan masing-masing mahasiswa.  Berikut adalah gambaran perkiraan biaya hidup bagi mahasiswa di Denpasar.

Biaya akomodasi

Untuk mahasiswa, biaya akomodasi sangat bergantung pada lokasi dan fasilitas yang ditawarkan. Pilihan akomodasi bisa berupa kos-kosan atau sewa rumah.

Kos-kosan sederhana di Denpasar ada di kisaran Rp700.000 hingga Rp1.500.000 per bulan. Sementara kos-kosan dengan fasilitas lengkap seperti AC, Wi-Fi, kamar mandi dalam berkisar antara Rp1.500.000 hingga Rp2.500.000 per bulan.

Nah, kalau untuk sewa rumah, tergantung lokasi dan fasilitas. Pada umumnya biaya sewa rumah ada di kisaran Rp15-20 juta per tahun dan kamu bisa membaginya dengan teman-teman satu rumah.

Biaya makan

Denpasar memiliki banyak pilihan makanan dengan harga yang cukup terjangkau, terutama di warung makan lokal. Makan di warung lokal bisa habis sekitar Rp15.000 – Rp25.000 per porsi.

Tapi, kalau kamu makan di restoran atau kafe, maka biasanya ada di antara Rp30.000 – Rp70.000 per porsi. Jika mahasiswa makan tiga kali sehari di warung lokal, perkiraan biaya makan bulanan adalah sekitar Rp1.500.000 hingga Rp2.250.000.

Transportasi

Sistem transportasi umum di Denpasar ini ada bermacam-macam.  Namun, yang lebih hemat adalah jika naik Trans Metro Dewata. Saat ini, biaya naik trans adalah sebesar Rp 4.400 untuk penumpang umum, dan Rp 2.000 untuk penumpang khusus.

Kamu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi.  Biaya BBM untuk motor yang bisa diperkirakan adalah sekitar Rp300.000 – Rp400.000 per bulan tergantung jarak.

Biaya pendidikan dan keperluan kuliah

Selain biaya kuliah, mahasiswa juga perlu memperhitungkan biaya lain yang berkaitan dengan pendidikan, seperti buku, alat tulis, dan keperluan lainnya.

Buku dan keperluan kuliah biasanya habis sekitar Rp200.000 – Rp500.000 per bulan, tergantung program studi.

Sementara untuk paket internet bulanan biasanya berkisar antara Rp100.000 – Rp300.000, tergantung provider dan kuota yang dipilih.

Hiburan dan gaya hidup

Sebagai pusat pariwisata, Denpasar menawarkan banyak tempat hiburan seperti pantai, kafe, dan pusat perbelanjaan. Nah, anggaran untuk hiburan dan gaya hidup ini bisa kamu anggarkan di  angka Rp300.000 – Rp700.000.

Kalau dijumlah, maka total perkiraan biaya hidup mahasiswa di Denpasar berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan, tapi ingat, itu tergantung gaya hidup dan kebutuhan individu, ya!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*