Berapa Biaya Hidup Ngekos di Sukabumi untuk Mahasiswa? Ini Rincian Lengkapnya yang Bisa Diperhitungkan

Dana pendidikan, biaya sekolah, uang SPP, rencana dana pendidikan
biaya pendidikan (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

SUKABUMI, KalderaNews.com – Berapa biaya hidup ngekos di Sukabumi untuk mahasiswa? Rincian lengkap pos pengeluaran ini bisa kamu catat dan anggarkan!

Sukabumi adalah kota yang terkenal dengan suasana tenang dan biaya hidup yang relatif terjangkau dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Jawa Barat.

Ada banyak kampus tersebar di Sukabumi seperti Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), Universitas Nusa Putra, Politeknik Sukabumi, STIE PGRI Sukabumi dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:

Kalau kamu akan berkuliah di salah satu kampus Sukabumi memahami biaya hidup yang harus disiapkan sangat penting untuk perencanaan keuangan. Cek di sini rincian lengkap biaya hidup ngekos di Sukabumi untuk mahasiswa:

Biaya tempat tinggal

Kost adalah pilihan utama bagi mahasiswa yang datang dari luar Sukabumi. Rata-rata harga kost di sekitar kampus bervariasi tergantung fasilitas yang ditawarkan:

Kost sederhana tanpa AC dan dengan kamar mandi luar biasanya berkisar antara Rp500.000 – Rp800.000 per bulan.

Sementara kost dengan fasilitas lebih lengkap (AC, kamar mandi dalam, Wifi) bisa berkisar antara Rp1.000.000 – Rp1.500.000 per bulan.

Beberapa mahasiswa juga memilih untuk kontrak rumah dengan teman, yang dapat menurunkan biaya dan lebih hemat. Biasanya kontrak rumah di Sukabumi ada di kisaran Rp15 hingga 20 juta per tahunnya.

Makanan

Sukabumi memiliki banyak warung makan yang menawarkan harga terjangkau untuk para mahasiswa. Rata-rata biaya makan per hari berkisar antara Rp15.000 hingga Rp25.000 per porsi, tergantung tempat makan dan menu yang dipilih.

Kalau ditotal, maka biaya makan bulanan ada di kisaran Rp1.350.000 – Rp2.250.000. Mahasiswa yang ingin lebih hemat biasanya memasak sendiri, sehingga biaya bisa lebih rendah.

Transportasi

Untuk mahasiswa yang tinggal dekat dengan kampus, berjalan kaki atau bersepeda menjadi pilihan ekonomis.

Namun, bagi yang memerlukan transportasi umum,  maka bisa siapkan anggaran untuk pengeluaran transportasi bulanan sekitar Rp200.000 – Rp400.000 tergantung frekuensi perjalanan.

Kebutuhan lain-lain

Kebutuhan lain-lain ini bisa mencakup sabun mandi, pasta gigi, kuota dan pengeluaran nugas atau kebutuhan akademik.

Misalnya  seperti fotokopi, buku, dan alat tulis juga harus diperhitungkan. Pengeluaran untuk kebutuhan lain-lain ini bervariasi, namun bisa berkisar Rp200.000 – Rp500.000.

Hiburan dan gaya hidup

Meskipun Sukabumi bukan kota besar, ada beberapa tempat hiburan seperti kafe, bioskop, atau wisata alam. Rata-rata biaya hiburan bulanan berkisar antara Rp200.000 hingga Rp500.000, tergantung gaya hidup masing-masing mahasiswa.

Berdasarkan rincian di atas, perkiraan biaya hidup mahasiswa di Sukabumi biisa mencapai Rp2.300.000 – Rp4.750.000 per bulan. Nah, sekarang kamu hanya perlu mengelola keuangan dengan bijak!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*