Kamu Wajib Tahu! Begini Cara Kuliah Sambil Kerja di Luar Negeri, Banyak Keuntungannya Lho!

Studi di luar negeri (Getty)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu yang bercita-cita kuliah ke luar negeri sambil bekerja, cek beberapa cara dan yang perlu kamu perhatian berikut ini!

Kuliah ke luar negeri tentu menjadi impian banyak siswa di Indonesia.

Nah, jika bisa kuliah sambil kerja di luar negeri tentu menjadi pengalaman yang menarik.

BACA JUGA:

Kuliah sembari kerja di luar negeri sudah pasti membawa manfaat bagi kamu, seperti:

  • Mendapat tambahan uang saku.
  • Meningkatkan keterampilan manajemen waktu.
  • Memperluas jejaring di luar negeri
  • Lebih mengenal budaya kerja dan komunitas secara langsung.

Cara kuliah sambil kerja di luar negeri

Walaupun secara umum mahasiswa internasional diperbolehkan kuliah sambil kerja di luar negeri, namun tetap ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Sebagian besar berkaitan dengan legalitas. Hal utama yang harus diverifikasi adalah izin secara hukum untuk mendapatkan uang saat belajar di luar negeri.

So, inilah beberapa cara untuk kuliah sambil kerja di luar negeri:

Pastikan kamu memiliki visa yang tepat

Kamu harus memastikan punya jenis visa yang tepat, di mana kamu bisa menimba ilmu sembari bekerja.

So, bicaralah dengan kedutaan atau konsulat negara tujuan, agar kamu bisa kuliah sambil kerja di negara mereka dan jenis visa apa yang dibutuhkan untuk melakukannya.

Di samping itu, cek dan cari informasi dengan menghubungi universitas tujuanmu untuk mengetahui kesempatan kerja on-campus.

Hubungi beberapa pihak tersebut jauh-jauh hari, untuk mendiskusikan pilihanmu. Atau kamu juga bisa berkonsultas dengan konselor yang berpengalaman.

Pilihlah negara yang menawarkan lebih dari visa pelajar

Bila kamu belum memutuskan program atau tujuan studi, maka carilah negara tujuan yang memiliki opsi lebih dari visa pelajar.

Satu opsi visa yang bisa kamu pilih adalah Working Holiday Visa. Visa ini membuka peluang kamu bekerja dan mendapatkan uang ketika berada di luar negeri.

Hal ini lantaran visa pelajar cenderung memiliki lebih banyak batasan daripada Working Holiday Visa. Maka, bicaralah dengan kedutaan atau universitas terkait untuk melihat apakah visa ini bisa jadi pilihan untuk kamu.

Ada pula Student Visas with Permission to Work. Tapi ini tergantung pada negara tujuan, kamu bisa masuk dan tinggal di sana dengan visa pelajar yang disertai izin bekerja. Tetapi, biasanya ada beberapa batasan yang perlu kamu perhatikan.

Nah, inilah rekomendasi beberapa negara untuk kuliah sambil kerja:

  • Inggris
  • Amerika Serikat
  • Kanada
  • Prancis
  • Irlandia
  • China
  • Singapura
  • Australia
  • Selandia Baru

Jelajahi opsi Work-To-Study

Bila urusan dengan dokumen hukum tampak berat, pertimbangkan berbagai opsi Work To Study or Study & Work yang dirancang khusus bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan tambahan dana sambil kuliah di luar negeri.

Jika spesialisasi studi kamu adalah teaching, hospitality, atau medicine misalnya, banyak kok kursus yang mengajarkan keterampilan sambil memberikan panduan mencari pekerjaan di negara masing-masing.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*