Waspada! Prediksi BMKG: Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang di Seluruh Wilayah Jawa

Jas hujan. (Ist.)
Jas hujan. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Prediksi BMKG, seluruh wilayah di Pulau Jawa, termasuk Jakarta, berpotensi hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang sepekan ke depan.

Demikian disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Prospek Cuaca Mingguan periode 10-16 September 2024.

Wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara, dan Papua mengalami peningkatan potensi pembentukan awan hujan.

BACA JUGA:

Penyebab curah hujan meningkat

Prospek itu berbeda dari beberapa periode mingguan sebelumnya yang menyatakan potensi hanya di wilayah Indonesia tengah dan utara.

Terbukti lewat data curah hujan di Stasiun Meteorologi Malikussaleh Aceh (175 mm perhari) pada 2 September 2024 dan di Stasiun Meteorologi Torea Papua Barat (161 mm perhari) pada 7 September 2024.

Untuk periode sepekan ke depan, pengaruh Gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial, juga fenomena MJO dari Samudera Hindia masih aktif di Indonesia.

Selain itu, ada pembentukan daerah pertemuan dan perlambatan angin, dan suhu muka laut yang hangat yang menambah suplai uap air.

Seluruh pengaruh itu ditambah dengan labilitas atmosfer yang tinggi yang turut memperkuat pembentukan awan hujan di berbagai wilayah, menciptakan kondisi yang mendukung terjadinya hujan.

Kondisi dinamika atmosfer terkini juga disebutkan BMKG, ada sirkulasi siklonik di Samudera Pasifik sebelah timur laut Papua.

Sebaran potensi cuaca hujan lebat

Nah, berikut ini sebaran potensi cuaca hujan lebat dalam periode 10-16 September 2024 berdasar prediksi BMKG:

Potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di
Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, DK Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI
Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, KalimantanTimur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, MalukuUtara, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua.

Potensi angin kencang di wilayah Sumatera Utara, Riau, Kep. Riau, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua Barat Daya, dan Papua Selatan.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*