Pendaftaran CPNS 2024 Resmi Ditutup! Kenali 6 Tanda Kamu Lolos Seleksi Administrasi!

Ilustrasi: Pendaftaran CPNS (Ist.)
Ilustrasi: Pendaftaran CPNS 2019 (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendaftaran CPNS resmi ditutup mulai tanggal 10 September 2024. Kenali 6 tanda kamu lolos seleksi administrasi CPNS 2024 ini!

Ketika mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024, ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh para pelamar.

Langkah pertama yang harus dilalui adalah mendaftar akun di laman SSCASN BKN dan mendaftar formasi. Tahapan pertama berupa Seleksi Administrasi ini sudah dibuka sejak 20 Agustus 2024.

BACA JUGA:

Jika pendaftaran CPNS 2024 ditutup, maka para pelamar yang sudah mendaftar hanya tinggal menunggu hasil Seleksi Administrasi yang akan diumumkan pada 14-19 September 2024.

Tentu saja momen pengumuman hasil Seleksi Administrasi sangatlah penting dan menegangkan, sebab jika lolos maka bisa lanjut ke tahapan berikutnya yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Adapun Seleksi Administrasi inoi dilakukan oleh panitia dari masing-masing instansi dengan menilai kesesuaian berkas yang dikirimkan dengan persyaratan yang diminta.

Satu-satunya cara agar bisa lolos Seleksi Administrasi CPNS 2024 adalah dengan memenuhi semua persyaratan administrasi yang telah ditentukan oleh masing-masing instansi.

Meskipun saat ini belum diumumkan, tetapi kamu bisa mengetahui tanda lolos seleksi administrasi CPNS 2024 dengan beberapa hal ini:

1. Berkas lengkap dan sesuai dengan format yang ditentukan oleh instansi tujuan

Tanda pertama, a kamu merasa bahwa berkas pendaftaran CPNS seperti KTP, KK, ijazah, transkrip nilai, pas foto, surat pernyataan, hingga surat lamaran yang kamu unggah sudah sesuai dengan yang instansi minta.

2. Kualifikasi sesuai dengan formasi yang dilamar

Kamu merasa bahwa formasi yang dilamar sesuai dengan kualifikasi, seperti usia saat mendaftar, pendidikan terakhir, pengalaman kerja, maupun kualifikasi pendukung lainnya.

3. Ijazah berasal dari perguruan tinggi yang terakreditasi

Pada saat pendaftaran CPNS 2024, instansi meminta untuk menuliskan nomor ijazah dan tanggal ijazah. Pastikan bahwa nomor yang kamu tulis ini tidak salah.

Pastikan ijazah yang dipakai untuk mendaftar berasal dari perguruan tinggi yang terakreditasi. Kalau kamu sudah yakin kampusmu sesuai dengan akreditasi, maka ini bisa jadi tanda selanjutnya kamu lolos.

4. Tidak ada kesalahan dalam penulisan

Informasi data diri seperti nama, NIK, nomor ijazah, dan dokumen lainnya adalah hal yang harus ditulis dengan benar sesuai dengan dokumen aslinya. Pastikan kamu yakin tidak ada yang keliru.

5. Dokumen pendukung telah sesuai dengan yang ketentuan

Beberapa instansi mungkin saja meminta dokumen tambahan seperti sertifikat keahlian atau surat pendukung lainnya. Kalau kamu sudah melampirkannya, maka kamu bisa sedikit bernafas lega.

6. e-meterai atau meterai tempel valid

Kalau kamu merasa yakin bahwa e-meterai dan meterai tempel yang kamu sertakan di surat pernyataan dan surat lamaran valid, maka kamu bisa percaya diri jika peluangmu lolos semakin besar.  Nah, kamu bisa cek keaslian meterai ini di https://verification.peruri.co.id dan

Nah, itulah 6 tanda kamu lolos seleksi administrasi CPNS 2024. Jika semua tanda ini kamu yakini sudah benar, optimislah kalau kamu lolos!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*