Biaya Hidup Mahasiswa di Serang, Banten, Ada di Kisaran Berapa Nih?

biaya hidup mahasiswa. (by freepik)
Student loan atau kredit mahasiswa. (by freepik)
Sharing for Empowerment

SERANG, KalderaNews.com – Berapa biaya ngekos mahasiswa di Serang yang sekiranya perlu untuk dianggarkan? Yuk, catat kisaran biaya hidup mahasiswa di kota ini!

Serang adalah ibu kota Provinsi Banten yang terkenal dengan keragaman suku Sunda dan Jawa. Di sini, terkenal dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Selain itu, ada juga berbagai macam kampus lainnya yang sering menjadi tujuan mahasiswa untuk berkuliah. Inilah rincian biaya hidup mahasiswa di Serang yang bisa coba dianggarkan jika kamu hendak berkuliah ke kota ini.

BACA JUGA:

Konsumsi

Untuk biaya makan di kota Serang bisa dibilang agak mahal mengingat lokasinya sendiri ada di sekitar kawasan metropolitan Jabodetabek.

Kalau mau makan di warung atau kantin kampus, maka bisa anggarkan di angka Rp15 ribu– Rp25 ribu per porsi

Kalau mau menghemat biaya konsumsi bulanan, maka bisa coba memasak sendiri. Biaya untuk beli beras, bumbu, sayur dan aneka lauk bisa diperkirakan antara Rp700 ribu sampai dengan Rp1 juta.

 Akomodasi

Ada dua pilihan yang bisa kamu pilih ketika kuliah di Serang. Pertama, adalah tinggal di asrama. Biasanya, kampus akan memprioritaskan mahasiswa yang berasal dari luar Kota Tangerang.

Jika beruntung, maka kamu bisa tinggal di asrama kampus dan bisa menghemat anggaran karena umumnya harga sewa asrama mahasiswa sangat murah, berkisar Rp. 300 ribu sampai Rp. 500 ribu.

Namun, kalau kamu memutuskan untuk ngekos, maka bisa anggarkan sekitar Rp700 ribuan sampai Rp. 2 juta per bulan tergantung dengan jarak dan fasilitas yang disediakan.

Transportasi

Lalu, berapa biaya hidup mahasiswa di Serang untuk transportasi? Nah, kalau kosmu kebetulan dekat dengan kampus, maka kamu bisa anggarkan biaya transportasi sekitar Rp200 ribuan sampai Rp500 ribuan per bulannya.

Ada banyak nih transportasi umum yang tersedia di kota Serang. Tapi, kalau kamu bahwa kendaraan sendiri, seperti motor, maka bisa anggarkan biaya transportasi sekitar Rp300 ribuan sampai Rp700 ribuan per bulannya, di luar service rutin.

Kebutuhan lainnya

Selain kebutuhan utama seperti tempat tinggal, konsumsi, dan transportasi, mahasiswa juga harus memperhitungkan biaya untuk kebutuhan lain. Misalnya internet, sabun, nugas, dan hiburan.

Nah, untuk internet, coba saja anggarkan sekitar Rp100 ribu per bulannya. Sementara untuk nugas bisa dianggarkan Rp100 – 200 ribu. Untuk sabun mandi, sabun cuci dll, coba anggarkan Rp100 – 200 ribu. Sementara untuk hiburan bisa Rp100 – 200 ribu.

Berdasarkan rincian di atas, perkiraan total biaya hidup mahasiswa di Serang per bulan berkisar antara Rp2.500.000 hingga Rp3.500.000. Bagaimana, apakah masih aman?

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*