Melihat Perjalanan Apostolik Para Paus di Indonesia, Paus Fransiskus Menjadi yang Ketiga

Paus Fransiskus berpesan kepada siswa agar menghadapi krisis COVID-19 bersama-sama dan tidak sendirian (CNA)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Paus Fransiskus menjadi paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia. Sebelumnya Paus Paulus VI dan Paus Yohanes Paulus II.

Berita kedatangan Paus ke Indonesia pada 3-6 September 2024 tentu menjadi kabar sukacita bagi umat Katolik dan masyarakat Indonesia.

Sebelumnya rencana kedatangan Paus ke Indonesia muncul pada 2020. Tapi pandemi Covid-19 membuat rencana batal.

Lantas, pada 2022, Pemerintah Indonesia resmi mengundang kembali Paus Fransiskus.

BACA JUGA:

Kunjungan Paus Paulus VI (1970)

Paus Paulus VI menjadi paus pertama yang berkunjung dan bertemu dengan Presiden Soeharto pada 1970.

Meskipun singkat dan bukan kunjungan resmi kenegaraan, tetapi peristiwa ini meninggalkan kesan yang mendalam bagi seluruh umat Katolik di Indonesia.

Paus Yohanes Paulus II (1989)

Kunjungan paus kedua terjadi pada 1989, ketika Paus Yohanes Paulus II melalukan lawatan apostoliknya selama seminggu di Indonesia. Ini merupakan kunjungan resmi kenegaraan.

Peristiwa ini amat bersejarah, lantaran untuk pertama kalinya pemimpin tertinggi Takhta Suci Vatikan berkeliling Indonesia antara lain Jakarta, Yogyakarta, Maumere, dan Medan.

Dua peristiwa kehadiran paus ke Indonesia itu tentu menjadi momen sejarah penting. Kedatangan paus ke Indonesia tak hanya untuk memperkuat diplomasi antar kedua negara.

Tetapi, juga bentuk toleransi antarumat beragama. Hal ini seturut dengan posisi Paus sebagai pemimpin tertinggi Gereja Katolik seluruh dunia sekaligus pemimpin negara Vatikan.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*