Jejak Pendidikan Paus Fransiskus, Penyandang Gelar Master Bidang Kimia

Paus Fransiskus. (KalderaNews.com/Ist.)
Paus Fransiskus. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari ini, Selasa, 3 September 2024, Paus Fransiskus tiba di Indonesia. Inilah jejak profil dan jejak pendidikan Paus Fransiskus.

Rencana, ia akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada tanggal 3-6 September 2024.

Indonesia pun menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus di kawasan Asia Pasifik, yang diikuti kunjungan ke Papua Nugini, Timor Leste dan Singapura.

BACA JUGA:

Profil Paus Fransiskus

Paus Fransiskus merupakan Paus Gereja Katolik ke-266 yang terpilih pada Konklaf Kepausan 13 Maret 2013. Ia menggantikan Paus Benediktus XVI yang mengundurkan diri.

Sebelumnya, ia adalah Uskup Agung Buenos Aires, Argentina.

Dia lahir di Buenos Aires, Argentina pada 17 Desember 1936 dengan nama Jorge Mario Bergoglio.

Ia lahir sebagai anak pertama dari lima bersaudara dari sebuah keluarga imigran dari Italia, yakni pasangan Mario Jose Bergoglio (1908-1959) dan Regina Maria Sivori (1911-1981).

Menyandang gelar master bidang kimia

Dia menyandang gelar master di bidang kimia dari Universitas Buenos Aires. Tapi lantas masuk Seminari San Miguel, Argentina dan melanjutkan pendidikan di Faculty of San Miguel, Argentina, mempelajari teologi dan filsafat.

Ia menerima tahbisan sebagai imam dalam Gereja Katolik pada 13 Desember 1969.

Selanjutnya ia berkarya di dunia pendidikan, menjadi Rektor Colegio de San Jose, dan sebagai pastor paroki di San Miguel.

Pada 3 Juni 1997, Pastor Jorge Bergoglio diangkat sebagai Uskup Agung Coadjutor Buenos Aires.

Lantas, pada 21 Februari 2001, Paus Yohanes Paulus II mengangkat dia menjadi Kardinal dengan gelar San Roberto Bellarmino.

Pada 13 Maret 2013, dalam Konklaf, Kardinal Jorge Mario Bergoglio terpilih menjadi Paus. Ia pun memilih nama Fransiskus sebagai nama kepausannnya, yang terinspirasi Santo Fransiskus dari Asisi.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*