Ternyata, Segini Biaya Hidup Ngekos Mahasiswa di Malang

Ilustrasi: 9 tips mengatur keuangan ala anak kos. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: tips mengatur keuangan ala anak kos. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

MALANG, KalderaNews.com – Berapa biaya hidup ngekos di Malang untuk mahasiswa? Jika kamu mahasiswa baru yang akan berkuliah di Malang, cek informasinya di sini!

Kota Malang menjadi salah satu pilihan tempat merantau bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah.

Pasalnya, selain memiliki banyak kampus negeri dan swasta di sini, kota Malang juga punya banyak destinasi wisata.

BACA JUGA:

Tidak hanya itu saja, kota Malang juga dikenal ramah bagi kantong anak kos. Nah, kalau kamu mau kuliah di sini, coba cek biaya hidup ngekos di Malang untuk mahasiswa ini!

Biaya tempat tinggal

Biaya hidup mahasiswa yang kuliah di Malang masih terbilang ramah di kantong, terutama perihal sewa tempat tinggal.

Untuk biaya sewa kos biasanya dibanderol sekitar Rp400.000–Rp700.000, tergantung jarak ke kampus dan fasilitasnya. Biasanya harga tersebut belum termasuk AC dan kamar mandi dalam.

Kalau mau yang kamar mandi dalam, AC dan wifi, maka kisaran harga per bulan bisa Rp700 ribuan ke atas. Oh ya selain kos, kamu juga bisa pilih opsi mengontrak rumah dengan teman. Biayanya berkisar Rp 5 jutaan per tahun.

Biaya makan

Biaya makan di Malang terbilang murah dibandingkan dengan kota lainnya yang ada di Jawa Timur. Umumnya, kalau kamu makan di warteg, maka biaya makan harian ada di angka Rp8.000 hingga Rp20.000 per hari tergantung dengan lauk.

Mau lebih berhemat? Bisa dengan memasak sendiri. Jadi, kamu bisa cari kos dengan dapur dan jangan lupa bawa magicom.

Kalau makan sendiri di kos dengan memasak, kamu bisa anggarkan beras sekitar Rp100.000, lauk dan bumbu sekitar Rp200.000-an per bulan.

Biaya transportasi

Selanjutnya, biaya hidup mahasiswa di Malang yang patut untuk diperhitungkan adalah transportasi. Kalau kosmu dekat dengan kampus, maka kamu hanya perlu anggarkan uang untuk naik angkutan umum jika ingin pergi-pergi.

Tenang saja, tarif naik angkutan umum ini hanya sekitar Rp3.000–Rp5.000 saja. Nah, kalau kamu bawa motor sendiri, maka tarifnya bisa berkisar Rp200.000.an, tergantung kebutuhan.

Belanja bulanan

Selanjutnya, anggarkan uang untuk kebutuhan sehari-hari seperti beli kuota, biaya print tugas, sabun, sampo, sampai dengan alat tulis.

Untuk pos bagian pengeluaran ini, maka kamu bisa anggarkan sekitar Rp200.000 hingga Rp400.000-an ya tergantung dengan kebutuhanmu.

Hiburan dan biaya lain-lain

Biaya hidup mahasiswa di Malang yang selanjutnya perlu kamu perhatikan adalah hiburan dan kebutuhan lain-lain.

Tentu kamu butuh biaya tersendiri nih untuk nongkrong bersama teman, rekreasi, ke mall, biaya kalau sakit, motor rusak dan lain-lain.  Nah, untuk pos keuangan ini, kamu bisa anggarkan Rp300.000-an atau lebih per bulannya. 

Demikianklah biaya hidup ngekos di Malang bagi mahasiswa. Bagaimana, termasuk murah dan terjangkau bukan kuliah di Malang?

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*