Jadi Syarat Administrasi CPNS 2024, Begini Cara Cek Akreditasi Kampus-Prodi di BAN-PT

Ilutrasi: Lembaga Akreditasi Internasional yang diakui Kemendikbud. (Ist.)
Ilutrasi: Lembaga Akreditasi Internasional yang diakui Kemendikbud. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Beginilah cara cek akreditasi kampus-prodi di BAN-PT jika kamu ingin mendaftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024.

Pada pengadaan CPNS di tahun 2024 ini, pemerintah membuka hingga ratusan ribu formasi yang terbuka untuk seluruh masyarakat dengan latar belakang dari SMA, hingga S3.

Namun sebelum mendaftar, pelamar perlu memperhatikan seluruh syarat dengan sedetil mungkin. Terutama di tahap seleksi administrasi.

BACA JUGA:

Di tahap ini, jangan sampai gagal karena kurangnya memperhatikan dengan detil apa yang diminta. Adapun salah satu syarat administrasi yang diminta adalah akrediktasi kampus.

Bukti akreditasi kampus dan prodi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menjadi syarat wajib untuk dilampirkan. Beginilah cara cek akreditasi kampus dan prodi di BAN-PT.

Cara cek akreditasi kampus dan prodi di BAN-PT

Saat mendaftar CPNS 2024, pelamar harus melampirkan bukti akreditasi baik dalam bentuk sertifikat atau tangkapan layar (screenshot) di laman BAN-PT yang menerangkan peringkat akreditasi kampus asal.

Baik peringkat A, B, dan C untuk akreditasi yang menggunakan Instrumen Akreditasi 7 Standar ataupun peringkat unggul, baik sekali, dan baik untuk akreditasi yang dilakukan dengan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 dan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 3.0.

Nah, jika ingin melihat peringkat akreditasi, ini panduannya:

  1. Buka laman https://www.banpt.or.id/
  2. Klik menu ‘Data Akreditasi’
  3. Kemudian pilih menu ‘Institusi (terkini)’
  4. Masukkan nama kampus yang ingin dilihat status dan peringkat akreditasinya
  5. BAN-PT akan menampilkan status dan peringkat akreditasi kampus.
  6. Lakukan tangkapan layar sebagai bukti akreditasi

Hal penting yang harus diketahui adalah bahwa bukti akreditas ini wajib berwarna dan tidak berbentuk scan fotokopi.

Jadi, bagi pelamar yang tidak mendapat bukti asli akreditasi dari kampus, maka bisa menggunakan cara ini dengan melakukan tangkapan layar. Semoga cara cek akreditasi kampus dan prodi di BAN-PT ini bisa membantu.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*