4 Metode Jitu untuk Menulis Esai Beasiswa, Wajib Paham dan Coba!

Cara menulis esai untuk syarat Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2020. (Ist.)
Cara menulis esai untuk syarat Beasiswa. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Inilah 4 metode jitu untuk menulis esai beasiswa ini bisa kamu coba, terutama kalau kamu bingung harus mulai dari mana.

Beberapa beasiswa memiliki syarat bagi para pesertanya untuk menulis esai. Jika esai beasiswa yang tulis menarik, maka bisa menjadi poin tambahan untukmu.

Saat menulis beasiswa, pastikan untuk memiliki kerangka yang jelas agar esai tersusun dengan menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

BACA JUGA:

Kalau kamu masih bingung, coba ikuti 4 metode jitu menulis esai beasiswa ini:

1. STAR method

Metode STAR atau singkatan dari Situation, Task, Action, Result sangat cocok digunakan untuk menulis esai yang berfokus pada pengalaman, kepemimpinan, atau penyelesaian masalah.

Metode ini membantu dalam menyusun cerita atau pengalaman secara logis dan terstruktur.

  • Situation (Situasi): Jelaskan situasi atau konteks tertentu yang kamu alami. Misalnya, “Ketika saya baru lulus, saya bekerja di perusahaan sebagai…”
  • Task (Tugas): Sebutkan tugas atau tantangan yang harus kamu hadapi. Misalnya, “Saya diamanahi menjadi ketua acara seminar. Semasa itu, saya sempat ada masalah yaitu…”
  • Action (Aksi): Ceritakan tindakan yang kamu ambil untuk menyelesaikan masalah tersebut. Misalnya, “Saya melakukan…, dengan cara…, agar…”
  • Result (Hasil): Ungkapkan hasil dari tindakan yang kamu lakukan. Misalnya, “Setelah saya melakukan…, akhirnya masalah… dapat terselesaikan dan semua peserta bisa mendapatkan haknya.”

2. Hamburger method

Metode Hamburger sangat berguna untuk menulis esai argumentatif, motivation letter, atau personal letter. Struktur ini membantu menampilkan argumen utama serta mendukungnya dengan bukti yang kuat.

  • Topic Sentence (Kalimat Utama): Mulailah dengan kalimat yang kuat untuk menarik perhatian pembaca, seperti sebuah “hook”. Contoh: “What if I told you the Earth has an unlimited amount of energy resources?”
  • Supporting Sentences (Kalimat Pendukung): Tuliskan bukti dan contoh yang mendukung ide utama. Kamu bisa menggunakan beberapa paragraf untuk mendukung argumen utama.
  • Conclusion Sentence (Kalimat Penutup): Rangkuman ide utama dengan kesimpulan yang kuat, mengikat semua poin yang telah kamu paparkan.

3. Piramida terbalik

Metode Piramida Terbalik cocok digunakan saat kamu menulis esai yang dibatasi oleh jumlah kata. Metode ini membantu dalam menyusun esai dengan informasi yang paling penting berada di awal. Nah, metodenya sendiri adalah:

  • Lead (Pembuka): Awali dengan informasi paling penting atau inti sari yang ingin disampaikan dalam esai.
  • Body (Isi): Lanjutkan dengan penjelasan lebih lanjut, memasukkan unsur 5W+1H (What, Where, When, Why, Who, dan How).
  • Tail (Penutup): Tambahkan informasi tambahan yang bisa menjadi “bumbu” pelengkap dalam esai yang ditulis.

4. AREL method

Metode jitu untuk menulis esai beasiswa yang terakhir adalah AREL (Argument, Reasoning, Evidence, Link-back). Metode ini sangat cocok untuk menulis esai yang menjelaskan alasan memilih program studi, kampus, atau negara tujuan, serta alasan melanjutkan S2.

  • Argument (Argumen): Mulailah dengan menyatakan argumen atau pernyataan utama yang akan kamu bahas.
  • Reasoning (Alasan): Jelaskan alasan mengapa kamu mendukung argumen tersebut.
  • Evidence (Bukti): Berikan bukti, fakta, atau data yang mendukung alasan dan argumen yang telah kamu sampaikan.
  • Link-back (Penutup): Hubungkan kembali argumen tersebut dengan keseluruhan esai dan buat kesimpulan yang kuat.

Dengan menggunakan salah satu dari metode jitu untuk menulis esai beasiswa di atas, apa yang kamu tulis pastinya akan memiliki struktur yang lebih jelas, logis, dan meyakinkan.

Semangat ya untuk mencobanya!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*