Mengenal 5 Tokoh Nasional Indonesia yang Pernah Kuliah di Luar Negeri, Siapa Saja Ya?

Ilustrasi: Kuliah Luar Negeri
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tahukah kamu, ternyata ada tokoh nasional Indonesia yang pernah kuliah di luar negeri. Siapa sajakah para tokoh nasional itu?

Indonesia tidak hanya dikenal dengan sejarah panjang perjuangan kemerdekaannya, namun juga dengan tokoh-tokoh nasional yang memiliki wawasan global.

Beberapa di antara tokoh nasional Indonesia tersebut memiliki n pendidikan tinggi di luar negeri, yang kemudian berperan penting dalam membentuk pandangan dan kontribusi terhadap bangsa.

ACA JUGA:

Siapa sajakah 5 tokoh nasional Indonesia yang pernah menimba ilmu di luar negeri? Inilah 5 sosok tokoh nasional tersebut:

1. Mohammad Hatta (Bung Hatta)

Mohammad Hatta, yang dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan Indonesia dan Wakil Presiden Indonesia pertama. Ternyata ia, pernah mengecap pendidikan di Belanda.

Bung Hatta belajar di Erasmus University Rotterdam, di mana ia mengambil jurusan Ilmu Perdagangan dan Bisnis.

Erasmus University Rotterdam sendiridikenal dengan program-program seperti Marketing, Business and Management Studies, dan Development Studies.

Hatta memperoleh pengetahuan yang sangat berguna dalam perjuangannya untuk memajukan ekonomi Indonesia setelah kemerdekaan.

2. Sutan Sjahrir

Sutan Sjahrir, mantan Perdana Menteri Indonesia pertama, juga pernah menimba ilmu di Belanda. Ia diterima di dua universitas ternama, yaitu University of Amsterdam dan Leiden University.

Di University of Amsterdam, Sjahrir mengambil jurusan Communication and Media Studies, sementara di Leiden University ia mendalami ilmu hukum. Pendidikan ini membantu Sjahrir dalam peran strategisnya dalam memimpin Indonesia di awal kemerdekaan.

3. Achmad Soebardjo

Achmad Soebardjo adalah anggota BPUPKI dan mantan Menteri Luar Negeri Indonesia. Ia pernah belajar hukum di Leiden University.

Ia mendalami ilmu hukum, politik, dan sejarah klasik, yang menjadi bekal penting dalam merumuskan berbagai kebijakan luar negeri Indonesia pada masa awal kemerdekaan.

4. Soedjatmoko (Bung Koko)

Soedjatmoko, seorang tokoh pendidikan dan penyusun konstitusi Indonesia, juga mengenyam pendidikan di luar negeri.  Ia menempuh pendidikan di Harvard University, Amerika Serikat, di jurusan Public Administration.

Harvard University sendiri dikenal dengan program studi Accounting and Finance, Arts and Humanities, serta Biological Sciences.

5. Soemitro Djojohadikusumo

Tokoh nasional yang menempuh pendidikan di luar negeri terakhir adalah Soemitro Djojohadikusumo. Ia menempuh pendidikan tingginya di University Rotterdam Belanda pada 1935.

Soemitro melanjutkan studi di Nederrlandsche Economische Hogeschool. Tokoh ekonomi dan politik Indonesia ini juga sempat mengenyam kursus filosofi dan sejarah di University of Paris selama 1 tahun.

Itulah 5 tokoh nasional Indonesia yang pernah kuliah di luar negeri. Hebat-hebat bukan? Jadi, tertarik kuliah ke luar negeri?

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*