Inisiasi Sanata Dharma 2024, Belajar Seperti Rusa yang Tulus

Rektor USD, Romo Albertus Bagus Laksana SJ berbicara dalam Insadha 2024. (dok.Humas USD)
Rektor USD, Romo Albertus Bagus Laksana SJ berbicara dalam Insadha 2024. (dok.Humas USD)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Inisiasi Sanata Dharma (Insadha) 2024 bagi mahasiswa baru angkatan tahun akademik 2024/2025 telah dimulai.

Insadha 2024 mengambil tema “Bertumbuh dan Berkreasi Eksplorasi Potensi Diri”.

Acara ini dibuka Rektor Universitas Sanata Dharma (USD), Romo Albertus Bagus Laksana SJ, Ph.D, di Auditorium Driyarkara.

Pelaksanaan Insadha 2024 terbagi dalam 4 gelombang. Di gelombang pertama, sebanyak 960 mahasiswa baru mengikuti kegiatan ini selama dua hari.

BACA JUGA:

Insadha 2024 terus berlangsung pada gelombang kedua (8-9 Agustus 2024), gelombang ketiga (12-13 Agustus 2024), dan gelombang keempat (2 September 2024).

“Selamat datang di Universitas Sanata Dharma. Kehadiran kalian di Auditorium Driyarkara pada Insadha hari ini adalah tanda diterima sebagai bagian dari keluarga besar Sanata Dharma,” ujar Romo Rektor Bagus Laksana.

“Maka, gunakan waktu empat tahun ke depan sebagai waktu yang sangat berharga untuk memuliakan sesama dan juga untuk dunia sebagai generasi muda,” imbuhnya.

Mahasiswa belajar seperti rusa

Romo Rektor Bagus Laksana.membagikan refleksinya atas logo dari Insadha 2024 yang bentuk rusa.

“Rusa terlihat seperti binatang yang culun, wajahnya melas, namun matanya besar, mampu menatap banyak pergerakan, memperhatikan sekitarnya sehingga mampu membantu mendeteksi predator bagi kelompoknya,” kata Romo Rektor Bagus Laksana.

Maka, lanjutnya, mereka dapat saling melindungi satu sama lain dan memberikan peringatan dini akan bahaya.

“Kita juga diajak untuk berusaha menjadi seperti rusa, yaitu menjadi pribadi yang tulus dan mampu berkembang dalam zamannya,” tutur Romo Rektor Bagus Laksana.

Dalam Insadha 2024, mahasiswa baru diajak memahami nilai-nilai dasar USD dan motivasi tentang pentingnya bertumbuh, berkreasi, serta mengeksplorasi potensi diri.

Mereka juga diajak mempelajari formasi mahasiswa di USD serta mengenal berbagai komunitas dan Unit Kegiatan Mahasiswa.

Selain itu, mahasiswa baru juga dikenalkan pada usaha USD membangun budaya aman melalui Satgas PPKS.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*