Viral! UNY Intimidasi Mahasiswa dan Dosen Baru untuk Lanjut S2 dan S3 di Universitas Sendiri

Ilustrasi: Universitas Negeri Yogyakarta. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Viral di sosmed! UNY diduga intimidasi terhadap dosen baru dan mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di kampus tersebut.

Sebuah cuitan viral di medsos yang mengungkapkan bahwa UNY memaksa atau intimidasi dosen baru CPNS untuk melanjutkan studi hingga jenjang S3.

Selain itu, mahasiswa S1 yang akan lulus untuk melanjutkan ke program S2 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sendiri.

Dalam cuitan tersebut, disebutkan bahwa UNY menggunakan ancaman untuk mempersulit proses kelulusan, termasuk sidang skripsi hingga yudisium.

BACA JUGA:

“Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memaksa dosen baru lanjut S3 dan mahasiswa S1 yang akan lulus langsung S2 di kampus sendiri,” tulis akun tersebut, disertai dengan tagar #mahasiswauenyeh.

Mahasiswa pascasarjana di UNY semakin sedikit

Cuitan tersebut juga memperlihatkan surat pernyataan yang harus diisi dosen CPNS yang baru diterima di UNY untuk menyatakan kesanggupan mereka melanjutkan program Doktoral di UNY.

Selain itu, ada informasi bahwa dosen yang sudah menerima beasiswa LPDP diarahkan untuk memindahkan beasiswa mereka ke universitas ini meskipun program pendidikan tidak sesuai dengan latar belakang studi sebelumnya.

Kebijakan ini dinilai sebagai upaya UNY untuk meningkatkan animo pendaftaran pada program Pascasarjana (S2) dan S3 yang makin berkurang.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini berjalan juga dianggap kurang ramah bagi sarjana pendidikan, sehingga menambah kompleksitas situasi ini.

Kontroversi ini menimbulkan berbagai reaksi di kalangan warganet. Banyak yang mengkritik langkah tersebut sebagai bentuk intimidasi dan paksaan, yang dapat memengaruhi integritas akademik.

Namun, pihak UNY belum memberikan klarifikasi terkait dengan cuitan di sosial media X yang viral tersebut.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*