“Anak-anak Kami Dikucilkan Hanya Karena Tidak Membeli Buku!”

Ilustrasi: Mengenalkan buku kepada anak. (Ist.)
Ilustrasi: Mengenalkan buku kepada anak. (Ist.)
Sharing for Empowerment

SAMARINDA, KalderaNews.com – “Anak-anak kami dikucilkan hanya karena tidak membeli buku!” Protes orangtua siswa di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Nina, mewakili orangtua siswa mengutarakan kekecewaan terhadap praktik jual beli buku di beberapa sekolah. Banyak siswa yang menjadi korban.

BACA JUGA:

Dalam aksi tersebut, para orangtua murid menuntut agar Pemkot Samarinda segera ambil tindakan tegas terhadap sekolah-sekolah yang melakukan praktik jual beli buku.

Mereka juga menuntut agar harga buku bisa ditekan, sehingga tidak memberatkan masyarakat.

Usai aksi, perwakilan orangtua murid diundang audiensi dengan pihak Pemkot Samarinda.

Kedua belah pihak pun membahas solusi untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Tim investigasi komersialisasi pendidikan

Pemerintah Kota Samarinda merespons aksi protes orangtua murid itu dengan membentuk tim investigasi komersialisasi dalam pendidikan.

“Tim ini bertugas menyelidiki kebenaran aduan orangtua murid mengenai jual beli buku dengan harga tidak wajar,” kata Asisten I Pemkot Samarinda, Ridwan Tassa.

Tim ini, lanjut Ridwan, akan segera turun ke lapangan untuk memeriksa seluruh sekolah. Dan aduan dari para orangtua akan menjadi panduan utama gerak tim investigasi.

“Kami berkomitmen menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif dan bebas dari praktik yang merugikan masyarakat,” tegas Ridwan.

Sementara, Kepala Disdikbud Samarinda, Asli Nuryadin menyatakan, pihaknya akan menindak tegas sekolah yang terbukti melakukan praktik jual beli buku.

“Kami akan mengambil tindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku jika hal itu terbukti,” katanya.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*