7 Perbedaan Artikel Ilmiah dan Populer, Yuk, Pahami Sebelum Menulis!

Menulis jurnal ilmiah. (Ist.)
Menulis jurnal ilmiah. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Wajib disimak nih, 7 perbedaan artikel ilmiah dan artikel populer. Sebaiknya perbedaan ini harus di pahami sebelum menulis!

Menulis artikel merupakan cara efektif untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan kepada berbagai khalayak. Apalagi jika kamu adalah seorang mahasiswa atau akdemisi.

Ada dua kategori  artikel yang biasanya bisa ditulis yaitu ilmiah dan artikel populer. Nah, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda.

BACA JUGA:

Jadi, penting untuk dipahami mengenai bedanya artikel ilmiah dan populer agar tulisan kamu sesuai dengan tujuannya.

Yuk, simak tujuh perbedaan utama antara artikel ilmiah dan artikel populer!

1. Tujuan Penulisan

Artikel ilmiah fitulis untuk menyampaikan hasil penelitian atau kajian teoritis kepada komunitas akademik atau profesional, bertujuan memperluas pengetahuan di bidang tertentu dan berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan.

Sebaliknya nih, kalau artikel populer ditulis untuk menghibur, menginformasikan, atau mengedukasi pembaca umum, bertujuan membuat topik yang mungkin kompleks menjadi lebih mudah dipahami.

2. Gaya Penulisan

Namanya juga artikel ilmiah, sudah pasti y ajika cara penulisannya menggunakan bahasa formal dan teknis, dengan struktur yang kaku dan terorganisir secara sistematis. Gaya penulisan cenderung objektif dan tidak personal.

Sementara artikel populer menggunakan bahasa yang lebih santai dan mudah dipahami, sering kali mengandung elemen naratif dan personal, dengan struktur yang fleksibel.

3. Struktur dan Format

Untuk artikel ilmiah ini memiliki struktur yang baku, termasuk abstrak, pendahuluan, metode, hasil, dan diskusi. Setiap bagian memiliki tujuan spesifik dan mengikuti format yang ketat.

Sementara artikel populer tidak memiliki format baku, biasanya terdiri dari pengantar, isi, dan penutup. Struktur lebih fleksibel dan tergantung pada topik serta gaya penulisan penulis.

4. Sumber dan Referensi

Mengandalkan referensi dari sumber-sumber ilmiah yang kredibel, seperti jurnal penelitian, buku akademik, dan laporan konferensi adalah perbedaan selanjutnya. Khusus artikel ilmiah, maka penulis harus mencantumkan daftar pustaka yang lengkap.

Sementara artikel populer perlu menggunakan sumber yang lebih umum seperti berita, wawancara, dan pengalaman pribadi. Referensi mungkin disebutkan secara informal dan tidak selalu disertakan daftar pustaka.

5. Sasaran Pembaca

Artikel ilmiah ditujukan untuk akademisi, peneliti, dan profesional di bidang tertentu. Pembaca biasanya memiliki pengetahuan dasar tentang topik yang dibahas.

Beda nih dengan artikel populer yang ditujukan untuk masyarakat umum. Pembaca tidak diharapkan memiliki latar belakang khusus tentang topik yang dibahas.

6. Proses Publikasi

Perbedaan selanjutnya adalah ke proses publikasinya. Artikel ilmiah ini melalui proses review yang ketat oleh para ahli (peer review) sebelum diterbitkan dalam jurnal ilmiah. Proses ini memastikan kualitas dan kredibilitas artikel.

Sementara artikel populer biasanya diterbitkan di majalah, koran, atau platform online tanpa proses review yang ketat. Editor mungkin memeriksa artikel, tetapi standar review tidak seketat artikel ilmiah.

7. Isi dan Kedalaman

Terakhir, untuk isi dan kedalaman informasi, artikel ilmiah menyajikan data dan analisis yang mendalam, dengan fokus pada detail teknis dan metodologi penelitian. Hasil dan kesimpulan didukung oleh bukti empiris.

Beda nih dengan artikel populer yang menyajikan informasi dengan cara yang menarik dan mudah dipahami, sehingga tidak butuh kedalaman analisis untuk kejelasan dan daya tarik pembaca.

Sudah tahu perbedaan artikel ilmiah dan artikel populer? Memahami perbedaan-perbedaan ini akan memudahkanmu menentukan pendekatan yang tepat saat menulis artikel, baik itu artikel ilmiah atau artikel populer.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*