5 Kegiatan Produktif yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Baru, Boleh Dicoba Nih!

Ilustrasi: Mahasiswa. (Ist.)
Ilustrasi: Mahasiswa. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Berikut 5 kegiatan produktif yang bisa dilakukan oleh mahasiswa baru ini bisa sekali kamu coba, lho! Buat dirimu menjadi mahasiswa baru yang produktif!

Menjadi mahasiswa baru adalah kesempatan emas untuk mengeksplorasi banyak hal baru dan menantang diri sendiri.

Sebagai mahasiswa baru, tentu ini menjadi pengalaman yang mendebarkan sekaligus menantang.

Di tengah adaptasi dengan lingkungan baru, pertemanan baru, dan jadwal kuliah yang padat, kamu pasti ingin tetap produktif dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

BACA JUGA:

Nah, 5 kegiatan produktif ini bisa kamu coba sebagai mahasiswa baru. Yuk, simak!

1. Bergabung dengan organisasi kampus

Mengikuti organisasi kampus adalah cara yang baik untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, memperluas jaringan pertemanan, dan menambah pengalaman.

Mulai dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), hingga unit kegiatan mahasiswa (UKM) khusus seperti fotografi, teater, atau pers. Semuanya bisa kamu ikuti sesuai dengan minatmu.

2. Mengikuti kelas tambahan atau workshop

Selain kuliah, banyak kampus yang menawarkan kelas tambahan atau workshop di berbagai bidang, mulai dari keterampilan teknis seperti pemrograman dan desain grafis hingga keterampilan soft skill.

Misalnya seperti public speaking dan manajemen waktu. Mengikuti kegiatan ini tidak hanya menambah pengetahuan dan keterampilan baru, tetapi juga memperkaya CV kamu.

3. Menjadi relawan

Kegiatan relawan atau volunteer work adalah cara yang luar biasa untuk memberikan dampak positif pada masyarakat sekaligus mengembangkan diri.

Banyak kok organisasi kemahasiswaan atau lembaga sosial yang membutuhkan bantuan relawan. Kegiatan ini bisa meliputi pengajaran di sekolah-sekolah, partisipasi dalam kampanye lingkungan, atau bantuan di panti asuhan.

4. Menulis dan menerbitkan artikel

Jika kamu memiliki minat dalam menulis, cobalah menulis artikel untuk jurnal kampus, blog pribadi, atau media online.

Menulis tidak hanya meningkatkan kemampuan menulis dan berpikir kritis, tetapi juga membangun portofolio yang bermanfaat di masa depan.

Kamu bisa menulis tentang topik yang kamu sukai, pengalaman pribadi, atau isu-isu terkini yang menarik perhatianmu.

5. Membuat rencana keuangan

Sebagai mahasiswa, mengelola keuangan dengan bijak sangat penting. Nah, agar kamu bisa lebih produktif, cobalah untuk membuat anggaran bulanan dan patuhi anggaran tersebut.

Pelajari cara mengelola uang saku, menabung, dan, jika memungkinkan, berinvestasi. Memiliki rencana keuangan yang baik akan membantumu menghadapi situasi tak terduga dan mempersiapkan masa depan yang lebih stabil.

Mencoba kegiatan produktif untuk mahasiswa baru ini sangat bermanfaat dan mengembangkan diri menjadi individu yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*