Ternyata, Ini 2 Kampus Negeri yang Disidak KPK, Banyak Aduan Penerimaan Mahasiswa Baru

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Akhir bulan Juli, KPK melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kampus di Jawa Tengah. Nah, ternyata ini 2 kampus negeri itu!

Dua kampus tersebut adalah Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Sidak tersebut, kata Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, karena KPK menerima banyak keluhan dalam penerimaan mahasiswa baru.

Keluhan tersebut seperti hasil seleksi yang tidak adil dan jalur afirmasi yang disalahgunakan, sehingga menjadi celah suap dan gratifikasi.

BACA JUGA:

Sidak untuk cek data

Kegiatan sidak dua PTN di Jawa Tengah tersebut sebagai sampel untuk mendapatkan data seleksi jalur mandiri yang penyelenggaraan tesnya sudah selesai.

“Sidak untuk memastikan apakah rekomendasi dilakukan secara tepat atau tidak. Sidak bersama-sama ini menjadi momentum perbaikan pada pendidikan ke depan,” kata Ghufron.

Sesudah melakukan sidak, data temuan sampel tersebut akan difinalisisasi dan dikaji. Hasilnya akan diberikan rekomendasi langkah perbaikan untuk Ditjen Diktiristek.

Sidak Undip dan UNS

Sementara, Manajer Layanan Terpadu dan Humas Undip, Utami Setyowati membenarkan bahwa KPK telah berkunjung ke Undip.

KPK datang ke kampus di Tembalang untuk monitoring dan evaluasi pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024.

Selain itu, KPK juga memonitor pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024.

Dalam kunjungan tersebut, Undip memberikan sejumlah berkas berupa data dan informasi yang diperlukan oleh KPK,

Sedangkan, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Ahmad Yunus menyampaikan, kedatangan KPK ke UNS untuk mengetahui proses penerimaan mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran.

Pihak UNS juga diberi informasi bahwa sidak tersebut hanya bagian dari pengawasan dan evaluasi dari pelaksanaan jalur mandiri.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*