Viral di Sosmed Camaba Pakai AI untuk Kerjakan Tes SIMAK UI, Pihak Kampus Akhirnya Buka Suara

Ilustrasi: Universitas Indonesia. (Ist.)
Universitas Indonesia. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com –  Viral di media sosial Shafa Salsabila Rusdhiankasa salah satu calon mahasiswa baru diterima Simak Universitas Indonesia (UI) karena menggunakan AI.

Camaba itu berhasil lolos lolos Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) dan diterima sebagai mahasiswa baru Fakultas Kedokteran (FK) di program Kelas Khusus Internasional (KKI).

Netizen pun ramai-ramai mengkritik dugaan penggunaan AI yang dilakukan oleh camaba tersebut dan menyebut hal itu adalah kecurangan.

BACA JUGA:

Mereka menganggap tindakan tersebut tidak adil dan berharap universitas dapat mendiskualifikasi calon mahasiswa baru yang menggunakan AI.  

Sebagian juga memprotes metode online yang digunakan dalam proses seleksi SIMAK UI.

Pihak UI angkat bicara

Adapun dari pihak UI sedang menyelidiki dugaan viral mengenai seorang pendaftar yang lolos SIMAK Shafa Salsabila Rusdhiankasa, yang diduga menggunakan kecerdasan buatan atau AI.

Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia, menyatakan bahwa viralnya dugaan tersebut sudah masuk dalam pemantauan media oleh pihaknya.

“Jelang dan selama akhir pekan, ada info masuk dalam tangkapan media monitoring kami terkait pelaksanaan ujian masuk UI ini,” kata Amelita.

“Tentu semua data kami kumpulkan lebih dahulu dan perlu penelusuran lebih jauh dan melibatkan beberapa pihak, sekalipun seseorang sudah mengakui dirinya melakukan kecurangan,” imbuhnya.

Ia dengan tegas menyatakan bahwa UI telah melakukan seleksi penerimaan mahasiswa dengan cermat. Namun, pihaknya tetap akan berupaya menelaah kebenaran isu yang sedang viral di sosial media tersebut.

“Meskipun ujian sudah dilakukan secermat mungkin,” uajrnya.

Amelita juga tidak memberikan komentar lebih lanjut mengenai dugaan pendaftar lolos Simak UI karena AI.

Ia menyampaikan bahwa UI akan kembali mengeluarkan pernyataan jika semuanya telah selesai ditelusuri oleh pihak kampus.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*