Dear Siswa Baru! Inilah 7 Ekskul di SMA atau SMK, Bisa Bantu Masuk PTN dan PTS Tanpa Tes Lho!

Siswa SMA. (Ist.)
Siswa SMA. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Siswa kelas 10 di jenjang SMA/SMK, inilah 7 ekskul atau ekstrakurikuler yang bisa bantu kamu masuk PTN atau PTS tanpa tes.

Ekskul merupakan kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh siswa di luar jam belajar.

Biasanya, ekskul diisi dengan program aktivitas pilihan sesuai bakat dan minat siswa.

Nah, beberapa ekskul bisa membantu kamu masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tanpa perlu mengikuti tes lagi.

BACA JUGA:

7 ekskul untuk masuk PTN tanpa tes

So, inilah kegiatan ekstrakurikuler alias ekskul yang bisa membantu kamu masuk PTN tanpa tes.

Palang Merah Remaja (PMR)

Jika kamu suka menolong sesama, kayaknya cocok masuk ekskul PMR. Ada banyak kegiatan di bidang kesehatan dan kemanusiaan yang bisa kamu lakukan.

Bahkan kamu bisa masuk PTN tanpa perlu tes, missal saja penerimaan mahasiswa baru di Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) yang membuka jalur bagi anggota PMR.

Tak hanya dua PTN tersebut, ada beberapa PTN lain yang juga membuka jalur leadership atau kepemimpinan bagi siswa yang memiliki pengalaman sebagai Ketua PMR.

Pramuka

Ekskul ini tentu tidak asing lagi. Beberapa PTN dan PTS di Indonesia juga menyediakan jalur masuk bagi ssiwa yang aktif Pramuka.

Seperti, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), dan Universitas Lampung (Unila).

Olimpiade sains

Beberapa SMA/SMK yang menyediakan ekskul olimpiade sains. Ekskul ini dulu kerap disebut Karya Ilmiah Remaja (KIR).

Tapi, kini banyak sekolah yang menggunakan nama ekskul Olimpiade Penelitian Sains Indonesia (OPSI).

Bila kamu memilih ekskul ini, maka manfaatkan sebaik mungkin, lantaran pemenang lomba olimpiade level provinsi hingga internasional punya peluang masuk kampus tanpa tes.

PTN yang menerima siswa dengan pengalaman bidang olimpiade, misal Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Hasanuddin (Unhas), serta beberapa PTN yang membuka jalur mandiri prestasi.

OSIS

Pengalaman sebagai pengurus OSIS di sekolah juga bisa membawa kamu masuk PTN atau PTS tanpa tes. Bahkan, kamu bisa meraih beasiswa lho!

OSIS sendiri bisa membantu kamu mengasah kemampuan kepemimpinan dan kemampuan mengorganisir.

Rohis

Siswa yang bisa menghafal Alquran bisa mengikuti ekskul Rohani Islam atau Rohis.

Banyak PTN menerima para hafidz dan hafidzah yang mampu menghafal beberapa juz dalam Alquran, seperti UIN Maulana Malik Ibrahim, UIN Sunan Gudung Djati, UIN Syarif Hidayatullah, serta yang lain.

Olahraga

Ekskul olahraga biasanya terpecah-pecah sesuai jenisnya, ada sepak bola, basket, bulu tangkis, bola voli, catur, dan yang lain.

Jika kamu ikut ekskul ini, usahakan iku berkompetisi dan meraih prestasi, karena ini bisa membantu kamu masuk PTN atau PTS tanpa tes.

Seni

Seperti olahraga, ekskul seni pun banyak jenisnya, seperti musik, tari, drama, melukis, dan fotografi.

Di ekskul ini, kamu juga mesti sering ikut berkompetisi dan meraih prestasi. Prestasi tersebut bisa membuat kamu masuk kuliah di PTN atau PTS dengan mudah.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*