Simak Baik-baik! Begini Cara Membuat Mission Statement untuk Ajukan Sertifikasi Dosen

Dosen. (Ist.)
Dosen. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.comMission statement mencerminkan visi tentang bagaimana akan berkontribusi dalam kampus. Beginilah cara membuat mission statement untuk ajukan sertifikasi dosen atau serdos!

Mission statement merupakan pernyataan formal yang menggambarkan tujuan, nilai-nilai, dan komitmen seorang dosen terhadap pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Dalam konteks sertifikasi dosen atau serdos, ini adalah pernyataan formal yang menggambarkan tujuan, nilai, dan komitmen terhadap pengajaran, penelitian, dan pengabdian.

Yuk cek langkah-langkah untuk membuat mission statement yang efektif!

BACA JUGA:

1. Tentukan bobot persentase Tri Dharma

Langkah pertama dalam membuat mission statement adalah menentukan bobot persentase dari tiga komponen utama Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tentukan persentase waktu dan usaha yang kamu alokasikan untuk setiap komponen berdasarkan prioritas dan tujuan sebagai dosen. Misalnya:

  • Pengajaran: 50%
  • Penelitian: 30%
  • Pengabdian kepada Masyarakat: 20%

2. Tentukan misi utama sebagai dosen

Selanjutnya, tentukan misi utama sebagai dosen. Pertimbangkan apa yang ingin kamu capai dalam karir akademik, bagaimana kamu ingin mempengaruhi mahasiswa dan komunitas akademik.

Selain itu bagaimana kontribusi terhadap bidang studi. Pikirkan nilai-nilai inti yang kamu pegang dan bagaimana nilai-nilai tersebut akan tercermin dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

3. Mulailah menulis

Mulailah menulis mission statement engan menggabungkan elemen-elemen yang telah ditentukan.

Pastikan untuk menyusun pernyataan yang mencakup tujuan pengajaran, komitmen terhadap penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Gunakan bahasa yang jelas dan singkat, serta pastikan pernyataan kamu mencerminkan aspirasi dan nilai-nilai pribadi.

4. Baca ulang dan edit

Setelah menulis draft pertama mission statement, baca ulang dengan hati-hati. Periksa apakah pernyataan kamu sudah mencakup semua elemen yang diinginkan dan apakah bahasa yang digunakan sudah jelas dan efektif.

Edit jika perlu untuk memastikan bahwa mission statement yang ditulis sudah singkat, padat, dan mencerminkan misi dan nilai-nilai Anda dengan baik.

5. Salin dan tempel mission statement ke portal serdos

Langkah terakhir adalah menyalin mission statement yang sudah final dan menempelkannya ke portal sertifikasi dosen (laman SISTER).

Pastikan kamu mengikuti instruksi yang diberikan oleh portal dan memastikan bahwa mission statement kamu sudah tersimpan dengan benar.

Membuat mission statement yang efektif memerlukan pemikiran dan perencanaan yang matang.

Mission statement yang baik tak hanya membantu kamu dalam proses sertifikasi, tetapi juga menjadi panduan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di pendidikan tinggi.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*