Dear Mahasiswa Baru! Inilah Panduan Lengkap Ospek Tahun Ini, Simak Ya!

Mahasiswa Baru
Mahasiswa Baru (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kemendikbduristek telah mengeluarkan panduan lengkap ospek atau masa Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PPKMB) 2024.

PPKMB merupakan momen mahasiswa baru (maba) mengenal lebih jauh tentang seluk-beluk kehidupan kampus sebelum memulai proses perkuliahan.

Mahasiswa baru akan dibekali beragam pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan, sehingga siap menempuh pendidikan tinggi di kampus.

Kemendikburistek berharap, panduan ini bisa menghindarkan PPKMB dari tindakan perundungan, kekerasan fisik dan psikis, serta pelanggaran yang lain.

BACA JUGA:

Informasi yang didapat mahasiswa baru

Berbagai informasi yang harus didapatkan mahasiswa baru saat PPKMB berlangsung adalah:

Semangat kebangsaan

Mahasiswa baru akan diajak membangun kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat berdasar Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pengenalan kampus

PPKMB juga harus memberikan informasi secara mendetail tentang sistem pembelajaran dan kehidupan civitas akademika di kampus, serta nilai-nilai dasar pendidikan, dan tridarma perguruan tinggi.

Karakter intelektual

Kegiatan ini juga mesti mengenalkan karakter mahasiswa yang cerdas, dewasa, anti kekerasan seksual, anti perundungan, anti narkoba, anti korupsi, berbudaya, bermartabat, dan inspiratif bagi orang lain.

Menjadi generasi unggul

Lewat PKKMB, mahasiswa dirancang menjadi generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab.

Menjadi pembelajaran seumur hidup

PKKMB menciptakan mahasiswa yang lincah, tangguh, dan menjadi pemelajaran sepanjang hayat.

Ketentuan pelaksanaan PPKMB

  • Seluruh materi PPKMB disampaikan dilakukan dengan metode hybrid atau luring yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing perguruan tinggi.
  • Kegiatan pun dilaksanakan dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, menarik, kreatif, dan interaktif.
  • Tempat penyelenggaraan kegiatan PPKMB dilaksanakan di kampus.
  • Kegiatan dilaksanakan 2-6 hari dimulai pukul 07.00 dan berakhir maksimal pukul 16.30 waktu setempat.
  • Semua bentuk pelanggaran terhadap ketentuan yang diatur dalam panduan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku di perguruan tinggi masing-masing.

Untuk panduan ospek yang lebih lengkap, kamu bisa cek DI SINI.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*