Yuk, Cek Sekarang! 3 Hal yang Wajib Ada di Esai untuk Syarat Beasiswa LPDP Beserta Contohnya

Cara menulis esai untuk syarat Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2020. (Ist.)
Cara menulis esai untuk syarat Beasiswa. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – LPDP tahap 2 tahun 2024 sudah resmi dibuka. Cek 3 hal yang wajib ada di esai untuk syarat beasiswa LPDP lengkap dengan contohnya di sini, yuk!

Mendapatkan beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) merupakan impian banyak pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Untuk tahap 2 tahun 2024, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis esai sebagai syarat pendaftarannya.

BACA JUGA:

Berikut tiga hal yang wajib ada di esai beasiswa LPDP dilengkapi dengan contohnya untuk memudahkanmu membuat esai:

1. Komitmen Kembali ke Indonesia

Salah satu hal utama yang harus kamu sertakan dalam esai adalah komitmen untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi.

LPDP sangat menghargai calon penerima beasiswa yang menunjukkan keinginan kuat untuk kembali dan menerapkan ilmu yang didapat di luar negeri untuk pembangunan tanah air.

Dalam esai, jelaskan alasan kamu berkomitmen untuk kembali dan bagaimana kamu berencana untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan baru kamu di Indonesia.

Contoh:

 “Sebagai seorang mahasiswa yang berasal dari Indonesia, saya memiliki tanggung jawab moral untuk kembali dan berkontribusi pada pembangunan bangsa. Dengan ilmu dan pengalaman yang akan saya peroleh selama studi di luar negeri, saya berkomitmen untuk kembali dan mengabdikan diri dalam sektor pendidikan, memastikan bahwa generasi berikutnya memiliki akses yang lebih baik terhadap pendidikan berkualitas.”

2. Rencana Setelah Studi

Penting untuk memiliki rencana yang jelas mengenai apa yang akan kamu lakukan setelah menyelesaikan studi dan kembali ke Indonesia.

Hal ini menunjukkan bahwa kamu tidak hanya memiliki visi jangka panjang, tetapi juga langkah konkret yang akan diambil untuk mewujudkan visi tersebut. Jelaskan secara rinci karier atau kegiatan apa yang akan kamu kejar dan bagaimana cara untuk mencapainya.

Contoh:

“Setelah menyelesaikan studi, saya berencana untuk bekerja di bidang pengembangan teknologi pertanian di Indonesia. Saya ingin bergabung dengan organisasi penelitian yang berfokus pada inovasi pertanian dan bekerja sama dengan petani lokal untuk meningkatkan hasil panen melalui teknologi modern dan praktik pertanian berkelanjutan.”

3. Rencana Kontribusi ke Indonesia

Bagian ini sangat penting karena LPDP ingin memastikan bahwa penerima beasiswa akan memberikan kontribusi nyata bagi Indonesia.

Rencana kontribusi harus spesifik dan relevan dengan bidang studi yang Anda pilih. Jelaskan proyek atau inisiatif yang ingin kamu lakukan dan bagaimana hal itu akan berdampak positif pada masyarakat atau sektor tertentu di Indonesia.

Contoh:

 “Saya berencana untuk mendirikan sebuah start-up yang berfokus pada solusi energi terbarukan untuk daerah pedesaan di Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi tenaga surya dan angin, start-up ini akan menyediakan listrik yang terjangkau dan ramah lingkungan bagi komunitas yang selama ini tidak terjangkau oleh jaringan listrik konvensional, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan mendorong perkembangan ekonomi lokal.”

Menulis esai untuk beasiswa LPDP tahap 2 tahun 2024 memerlukan perhatian khusus pada tiga aspek penting: komitmen kembali ke Indonesia, rencana setelah studi, dan rencana kontribusi ke Indonesia.

Nah, memasukkan elemen-elemen ini dalam esai akan membuka peluang untuk mendapatkan beasiswa LPDP tahap 2 ini.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*