Tim Robotik SMA Tarakanita 2 Jakarta Sabet Gold Winner Greenmech Tingkat Nasional

Tim SMA Tarakanita 2 Jakarta di kompetisi greenmech tingkat nasional yang diselenggarakan di Universitas Katholik Parahyangan Bandung
Tim SMA Tarakanita 2 Jakarta di kompetisi greenmech tingkat nasional yang diselenggarakan di Universitas Katholik Parahyangan Bandung (KalderaNews/Frans Suyono)
Sharing for Empowerment

BANDUNG, KalderaNews.com – “Bangga dan bahagia sekali, belum genap satu tahun mengikuti ekstrakurikuler robotic bisa raih juara 1 R4M (Robot for Mission),” ucap salah seorang peserta kompetisi greenmech nasional dari SMA Tarakanita 2 Jakarta yang tidak mau disebut namanya.

Sebagaimana diketahui belum lama ini SMA Tarakanita 2 Jakarta mengirimkan 2 tim pada kompetisi greenmech tingkat nasional yang diselenggarakan di Universitas Katholik Parahyangan Bandung.

Tim pertama meraih juara 1 R4M basic (Robot for Mission) sementara tim kedua meraih juara 3 di cabang yang sama menyisihkan 140 tim dari dari berbagai propinsi di Indonesia.

BACA JUGA:

Robot for Mission (R4M) adalah sebuah kompetisi merancang robot menggunakan prinsip saintifik berbasis STEAM dan membuat program coding agar robot dapat menyelesaikan misi.

Kompetisi ini sangat menginspirasi kemampuan aplikasi programming dan kreativitas serta melatih teknik manipulasi dan kemampuan menggerakkan robot.

Pada kompetisi ini setiap tim diberi kebebasan untuk membuat berbagai macam model robot sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan oleh panitia dan dapat menggunakan berbagai macam perangkat untuk mengoperasikan robot tersebut, seperti ponsel, tab & laptop.

Kompetisi yang bertujuan mendorong semangat kreativitas dan kerja sama tim dalam menyelesaikan masalah melalui brainstorming, menginspirasi peserta untuk menghargai aplikasi saintifik, mengembangkan pendidikan sains yang kreatif dengan menggabungkan pemikiran yang kreatif kedalam struktur bangunan hingga dapat mengaplikasikan teori sains dan kreativitas serta mendemonstrasikan hasil dari pendidikan sains ini diselenggarakan oleh Rumah Edukasi selaku perwakilan Asosiasi Greenmech Dunia di Indonesia bekerja sama dengan Universitas Katolik Parahyangan Bandung dan Universitas Tarumanagara Jakarta.

Kompetisi dibuka oleh Ibu Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si (Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Ristek RI) dan dihadiri oleh Rektor Universitas Katolik Parahyangan, Prof. Tri Basuki Joewono, Ph.D. dan Kepala PBKP Universitas Tarumanagara, Ibu Meiske Y. Suparman, M.Psi serta Direktur Rumah Edukasi, Mulia Anton.

Kompetisi ini menjadi ajang untuk mengikuti Kompetisi Internasional yang akan dilaksanakan pada Agustus 2024 di Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Pada kompetisi tersebut Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah kompetisi Greenmech Tingkat Internasional yang akan diikuti oleh tim-tim perwakilan dari 12 Negara. (Frans Suyono)

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*