Pj Gubernur Jawa Barat Keluarkan SE tentang Study Tour, Perhatikan 3 Hal Ini

Armada study tour. (Ist.)
Armada study tour. (Ist.)
Sharing for Empowerment

BANDUNG, KalderaNews.com – Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin keluarkan surat edaran tentang pelaksanaan tur sekolah atau study tour.

SE ini dikeluarkan pascakecelakaan maut bus pengangkut rombongan pelajar Depok di jalanan Ciater, Subang, akhir pekan lalu.

Dalam SE tersebut, sekolah diminta memerhatikan kondisi kendaraan yang bakal digunakan.

BACA JUGA:

Di samping itu, SE itu memperketat izin kegiatan study tour yang dilaksanakan satuan pendidikan di wilayah masing-masing, salah satunya tidak dilakukan ke luar kota.

Dalam surat edaran yang diteken Minggu, 12 Mei 2024, Bey menyatakan bahwa permintaan itu sebagai antisipasi memasuki masa kenaikan kelas dan akhir tahun pelajaran serta liburan sekolah.

“Kami minta bupati dan wali kota mengimbau seluruh kepala satuan pendidikan di semua jenjang pendidikan di masing-masing wilayah, untuk memperhatikan tiga hal,” kata Bey.

Di dalam kota di lingkungan wilayah Provinsi Jabar

Pertama, kegiatan study tour satuan pendidikan diimbau dilaksanakan di dalam kota di lingkungan wilayah Provinsi Jabar.

Study tour bisa dilakukan dengan mengunjungi pusat perkembangan ilmu pengetahuan, pusat kebudayaan, dan destinasi wisata edukatif lokal.

Kegiatan ini ditujukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal di Provinsi Jabar, kecuali bagi satuan pendidikan yang sudah merencanakan dan melakukan kontrak kerja sama study tour yang dilaksanakan di luar Provinsi Jabar dan tidak dapat dibatalkan.

Perhatikan asas kemanfaatan serta keamanan

Kedua, kegiatan study tour memperhatikan asas kemanfaatan serta keamanan bagi seluruh peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan.

Selain itu, juga tetap memperhatikan kesiapan awak kendaraan, keamanan jalur yang akan dilewati, serta berkoordinasi dan mendapatkan rekomendasi dari dinas perhubungan kabupaten/kota terkait kelaikan teknis kendaraan.

Memastikan kelaikan kondisi armada

Ketiga, pihak satuan pendidikan dan yayasan penyelenggara study tour melakukan koordinasi dengan memberikan surat pemberitahuan kepada dinas pendidikan sesuai kewenangannya.

Bey mengingatkan, terutama pada musim liburan sekolah agar pihak sekolah yang akan melakukan wisata maupun study tour untuk memastikan kelaikan kondisi bus.

Dia pun mengingatkan agar perusahaan bus selalu rutin memeriksa kelaikan armada dan memastikan pengemudi dalam keadaan prima dan fit.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnyadi Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*