Study Tour Sekolah Sudah Melenceng, Banyak Piknik, Minim Studi

Study Tour
Study Tour (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Praktik study tour yang dijalankan sekolah-sekolah saat ini telah melenceng; lebih banyak piknik daripada studinya.

Hal ini dikatakan Guru besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Cecep Darmawan.

Praktik study tour yang dijalankan sekolah-sekolah saat ini telah kehilangan makna kegiatannya sendiri.

BACA JUGA:

Study tour sudah melenceng

“Jadi sudah melenceng makna study tour jadi piknik wisata, itu harus diatur oleh peraturan menteri dan peraturan kepala daerah,” tegas Cecep Darmawan.

Tetapi, dia tidak setuju apabila study tour dilarang, lantaran kegiatan study tour mengenalkan siswa ke lapangan atau realitas yang tidak diajarkan di bangku sekolah.

Dalam peraturan yang dibuat, katanya, pemerintah atau menteri bisa menjelaskan detail terkait kegiatan study tour.

Cecep Darmawan juga menyoroti kegiatan study tour bukan berarti harus keluar kota atau keluar negeri.

Ia menegaskan, kegiatan study tour harus berkaitan dengan mata pelajaran. Kegiatan tersebut pun tidak harus dilaksanakan di tempat yang jauh dari sekolah.

“Study tour itu bukan bergerombol pakai bus lalu piknik,” jelasnya.

Kegiatan ini merupakan pelengkap pembelajaran. Jika tidak berkaitan dengan pelajaran, maka sebaiknya tidak boleh dilaksanakan. Pun apabila jika dari biaya memberatkan.

“Siswa sekolah piknik diatur peraturan menteri boleh-boleh saja, tetapi piknik yang edukatif dan pilihan. Jangan sampai kelompok rentan dipaksa piknik tapi wajib dan jangan dikaitkan dengan akademik,” ujarnya.

Seperti diketahui, pada Sabtu lalu, 11 Mei 2024, sebelas orang meninggal dunia dalam kecelakaan bus di Jalan Raya Ciater, Subang. Mereka terdiri dari sembilan orang siswa dan satu orang guru, dan satu orang warga.

Mereka tengah melaksanakan kegiatan perpisahan di Kota Bandung. Selain itu melakukan kegiatan di sejumlah wisata.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnyadi Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*